Julian Nagelsmann.
Gaya Hidup

Rasio Kemenangan 71%, Bayern Tetap Pecat Nagelsmann

  • Nagelsmann punya catatan bagus selama menukangi Bayern dengan torehan 60 kemenangan, 14 imbang dan hanya menelan 10 kekalahan.
Gaya Hidup
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Bayern Munich secara mengejutkan mendepak Julian Nagelsmann dari kursi kepelatihan. Pemecatan itu mengundang banyak pertanyaan lantaran Bayern sejatinya tidak tengah terpuruk di tangan Nagelsmann. Hubungan memanas sang pelatih dengan petinggi Bayern disebut-sebut menjadi pemicu kebijakan tersebut. 

Mantan pelatih Chelsea dan Borussia Dortmund, Thomas Tuchel, dikabarkan menjadi yang terdepan untuk menggantikan Nagelsmann. Info pemecatan Nagelsmann kali pertama diembuskan jurnalis Italia, Fabrizio Romano. Kabar itu kemudian dikonfirmasi media Jerman, Bild.

Bild menyebut seorang sumber Bayern membenarkan bahwa pelatih 35 tahun itu telah dilengserkan dari jabatannya. Belum diketahui secara pasti alasan di balik pemecatan pelatih muda berbakat itu. Dari segi prestasi, Nagelsmann cukup mentereng dengan langsung menyumbangkan gelar Bundesliga bagi Die Roten musim lalu.

Musim ini pun Thomas Muller dkk. masih berpeluang meraih treble winners. Merujuk data, Nagelsmann punya catatan bagus selama menukangi Bayern dengan torehan 60 kemenangan, 14 imbang dan hanya menelan 10 kekalahan. Artinya rasio kemenangan Nagelsmann di The Bavarians mencapai 71%. Musim ini Bayern bahkan mampu menembus perempat final Liga Champions dengan rasio kemenangan 100%.  

Meski demikian performa Bayern di Bundesliga memang tengah menurun. Mereka 10 kali gagal menang, tiga di antaranya berakhir kekalahan, termasuk kekalahan 1-2 dari Bayer Leverkusen pekan lalu. Hal itu membuat Bayern dikudeta Borussia Dortmund dari puncak klasemen dengan selisih satu poin. Dortmund sendiri sudah lebih dari tiga setengah tahun tak pernah memuncaki Bundesliga.

Sebelumnya, Nagelsmann baru sekali diterpa isu pemecatan saat memegang Bayern yakni pada September 2022. Hal itu ketika Die Roten dibekuk 0-1 oleh Augsburg yang membuat mereka gagal meraih tiga poin di empat laga beruntun. Meski demikian, pemecatan Nagelsmann tetap menuai pertanyaan mengingat Bayern masih berpeluang besar merebut Bundesliga, Liga Champions dan DFB Pokal.

Pergantian pelatih di tengah jalan juga berpotensi membuat skuat oleng. Sejumlah sumber menyebut pemecatan itu tak lepas dari situasi panas di kamar ganti antara Nagelsmann dengan petinggi Bayern. Die Roten dikabarkan segera mengamankan jasa Tuchel yang menganggur sejak September 2022 usai dipecat Chelsea. Adapun Nagelsmann dikabarkan bakal didekati Tottenham Hotspur yang berancang-ancang mendepak Antonio Conte dalam waktu dekat.