_124939602_queen_index_976x549_v3.png.jpeg
Dunia

Ratu Elizabeth Wafat Menjadikan Charles Naik Tahta, Bagaimana Nasib Istri Keduanya?

  • Penguasa Inggris Raya, Ratu Elizabeth II meninggal dunia di usia 96 tahun. Kepergiannya meninggalkan 4 orang anak dan 12 cucu dan cicit.
Dunia
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

LONDON- Penguasa Inggris Raya, Ratu Elizabeth II meninggal dunia di usia 96 tahun. Kepergiannya meninggalkan 4 orang anak dan 12 cucu dan cicit.

Kematian Ratu Elizabeth II menjadikan anak pertamanya sekaligus putera mahkota, Pangeran Charles menjadi Raja. Ketika menggantikan Ratu Elizabeth II sebagai penguasa Inggris selanjutnya, mantan suami dari Diana Spencer ini akan mendapat gelar baru, yakni Raja Charles III.

Berdasarkan konstitusi Kerajaan Inggris, Pengangkatan Charles sebagai raja baru harus melalui persetujuan Dewan Aksesi di Istana St James, London sesegera mungkin.

Biasanya, rapat dewan diadakan sehari setelah kematian seorang penguasa. Pada pertemuan dewan kerajaan itu, para dewan penasihat akan dipanggil dan bertemu untuk mengumumkan raja baru serta mengatur urusan lain mengenai kerajaan.

Setelan pengangkatan Raja dilakukan, Penguasa Baru akan membentuk dewan penasihat baru.

Sesaat setelah sang ayah naik tahta, putra Charles, duke of eidinburgh, Pangeran William akan diangkat menjadi putera mahkota. Ketika Charles turun tahta, Ia akan naik menjadi Raja Inggris selanjutnya.

Lantas, ketika Charles menjadi Raja, gelar apakah yang akan diterima oleh Camila, istri Charles yang dinikahinya pada 2005 lalu?

Mengutip Mirror pada Jumat, 9 September 2022, Camila yamg notabene adalah istri kedua Charles tak akan menerima gelar sebagai ratu. Mengingat gelar yang dimilikinya saat menikah dengan Pangeran Charles adalah Princess of Consort, maka ketika suaminya naik Tahta, ia akan bergelar Queen of Consort.

Berbeda dengan Ratu yang bisa naik tahta ketika Raja meninggal, Queen of Consort tak bisa mewarisi tahta jika pasangannya terlebih dahulu wafat.

Gelar Camila sebagai Queen of Consort telah direstui oleh Ratu Elizabeth II ketika ia masih hidup.

Pada peringatan Jubilee Platinumnya beberapa bulan lalu, mendiang Ratu mengatakan bahwa Putera Pertamanya akan segera naik tahta dan ia memberi dukungan pada Camila.

"Saya tahu Anda akan memberinya (Charles) dan Camila dukungan yang sama seperti yang Anda berikan pada saya. Itulah harapan tulusku. Ketika saat itu tiba, Camila akan dikenal sebagai Queen of Consort saat ia melanjutkan pengabdiannya yang setia," ujar Mendiang Ratu.

Sebagaimana diketahui pernikahan Pangeran Charles dan Camila menimbulkan kontroversi di masa lalu. Terutama setelah kematian tragis mantan istri Pangeran Charles, Lady Diana Spencer pada 1999 lalu.

Disebut sebagai perusak rumah tangga Pangeran Charles dan Lady Diana Spencer, Camila banyak menuai kecaman.

Tapi Camila berangsur-angsur muncul ke publik dengan dalih sebagai sahabat Pangeran Charles. Bahkan pada 1999, ia sempat berada bersama Pangeran William dan Harry dalam sebuah perjalanan kapal pesiar.

Pada 8 April 2005, Pangeran Charles melamar Camila dan melakukan pernikahan. Reaksi publik beragam. Ada yang mendukung namun sebagian. Asih menolak. Meski begitu, para pengamat kerajaan menyimpulkan Camila tak akan sepopuler Lady Diana.