Hati-hati! Pop Up Iklan di Ponsel Bisa Curi Data Pribadi, Ini Cara Mencegahnya
Tekno

Raup Berkah di Tengah Perang, Ponsel China Kian Perkasa di Rusia

  • Sejumlah vendor ponsel lain seperti Apple dan Samsung telah menghentikan pasokan produk ke Rusia
Tekno
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

MOSKOW - Ponsel pintar pabrikan China meraih dua pertiga pernjualannya secara global hanya dari pasar Rusia sepanjang April hingga Juni.

Hal tersebut menunjukkan bahwa invasi Rusia ke Ukraina telah memengaruhi pola konsumsi masyarakat di negara tersebut.

"Total pangsa merek China di pasar Rusia dalam hal penjualan ponsel cerdas terus meningkat dari 50 persen pada kuartal pertama, menjadi 60 persen pada April hingga lebih dari 70 persen pada Juni," peritel elektronik Rusia M.Video-Eldorado mengutip Reuters Kamis, 30 Juni 2022.

Sebagai informasi, smartphone China menyumbang lebih dari 65% perangkat yang terjual di kuartal kedua. Angka ini naik dari 50% pada periode yang sama tahun 2021.

Selain itu, M.Video mengatakan harga rata-rata smartphone yang dijual selama periode tiga bulan turun 4% pada tahun lalu. Alasannya, konsumen Rusia beralih ke barang dengan harga lebih rendah di tengah tekanan pendapatan dan penurunan ekonomi.

Sebelumnya, dikabarkan bahwa sejumlah vendor ponsel lain seperti Apple dan Samsung telah menghentikan pasokan produk ke Rusia. Hal ini kemudian membuat perusahaan ponsel pintar China mengambil kesempatan dengan mengisi kekosongan produk.