Kenilworth Road.
Gaya Hidup

Raup Rp3,13 Triliun, Luton Bakal Renovasi Stadion Sebelum Mentas di Liga Premier

  • Luton Town bakal merombak besar-besaran stadionnya yakni Kenilworth Road usai promosi ke Liga Premier Inggris musim depan.
Gaya Hidup
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Luton Town bakal merombak besar-besaran stadionnya yakni Kenilworth Road usai promosi ke Liga Premier Inggris musim depan. Klub berjuluk The Hatters itu diperkirakan butuh 10 juta poundsterling atau setara Rp184 miliar untuk menambah kapasitas dan fasilitas stadion. 

Luton memastikan tiket promosi ke kasta tertinggi Liga Inggris usai membekuk Coventry City via adu penalty 6-5 dalam final playoff Championship pekan lalu. Capaian itu bak kisah Cinderella mengingat sedekade lalu Luton masih berlaga di kasta kelima atau kompetisi amatir. 

Meski demikian, The Hatters perlu banyak berbenah, terutama dari segi stadion dan fasilitasnya. Saat ini markas Luton yakni Kenilworth Road hanya mampu menampung 10.356 penonton. Kapasitas itu bahkan lebih rendah dari kapasitas rata-rata stadion di Indonesia yakni sekitar 15.000-20.000 penonton. 

Chairman Luton, David Wilkinson, menghitung klub butuh dana sekitar 10 juta poundsterling (sekitar Rp184,6 miliar) untuk renovasi awal stadion. Renovasi tahap pertama itu mencakup penambahan kursi di Bobbers Stand serta penambahan fasilitas seperti ruang media, studio analisis data, toilet, lampu sorot tambahan, kamera tambahan, serta restoran. “Kapasitas stadion bakal meningkat menjadi 19.500 kursi,” kata Wilkinson, dikutip dari BBC, Sabtu 27 Mei 2023. 

Selain itu, akan ada perombakan untuk penambahan ruang VAR (video assistant referee), jarak antara lapangan dan tribun serta kawasan untuk match steward. Meski demikian, renovasi awal itu belum menyentuh Oak Stand yang sempat viral di media sosial.  

Diketahui, akses masuk Kenilworth Road harus melalui balkon apartemen dengan pemandangan beberapa bangunan yang rusak. Ada pula pemandangan gang-gang kumuh becek dengan tong sampah di sisi jalur. Luton dipastikan tak akan kesulitan merenovasi stadion mereka karena baru saja meraih pemasukan 170 juta poundsterling (Rp3,13 triliun) dari hadiah kompetisi dan hak siar. 

CEO Luton Town, Gary Sweet, memastikan akses menuju stadion bakal sesuai standar usai renovasi kelar. “Yang pasti, Erling Haaland (striker Manchester City) tidak akan melalui jalan masuk itu (lewat balkon apartemen). Dia akan melakukannya di jalan lain (setelah Kenilworth Road direnovasi),” ujar Sweet sambil berkelakar.

Klub punya waktu 10 pekan untuk menyelesaikan renovasi stadion yang beroperasi sejak 1905 itu. Jika pembangunan belum kelar saat kick off Liga Premier 2023/2024, The Hatters kemungkinan akan numpang di stadion lain. Stadion milik MK Dons, MK, menjadi salah satu alternatif markas sementara Luton.