3 Rekomendasi Makanan Khas Surabaya untuk Wisata Kuliner Saat Mudik Lebaran
Destinasi & Kuliner

Rawon Masakan Khas Jawa Timur Dinobatkan Sebagai Sup Terenak di Dunia

  • Simak penjelasan mengenai masakan khas Jawa Timur, Rawon yang menjadi sup daging terbaik di dunia versi Taste Atlas.

Destinasi & Kuliner

Justina Nur Landhiani

JAKARTA - Sebagai masyarakat Indonesia, Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan masakan rawon. Kabar baiknya, rawon khas Jawa Timur ini dinobatkan sebagai sup daging terenak di dunia versi Taste Atlas yang diupdate terakhir pada Senin, 31 Juli 2023.

Rawon merupakan masakan khas Indonesia yang identik dengan kuahnya berwarna hitam. Seperti yang dilansir Trenasia.com dari Taste Atlas pada Rabu, 2 Agustus 2023, rawon memperoleh nilai 4,8 dari 5. 

Rawon juga berhasil mengungguli beberapa masakan sup daging lainnya seperti Tom kha gai dari Thailand, Ciorba Radauteana dari Romania. Masakan rawon biasanya terbuat dari daging sapi yang direbus secara perlahan bersama dengan bahan tradisional Indonesia lainnya seperti serai, jahe, daun jeruk, dan cabai. Akan tetapi, yang paling khas atau elemen utamanya yang tidak boleh terlewat yaitu buah kluwek, kacang hitam Indonesia.

Kluwek adalah bumbu khas Indonesia yang tidak biasa dan sangat beracun ketika masih mentah. Oleh karena itu, perlu difermentasi sebelum dikonsumsi. 

Bumbu-bumbu tersebut kemudian digiling dengan bahan dan rempah-rempah lainnya yang akan memberikan hidangan dengan rasa yang nikmat dan asam serta warna hitam gelap yang unik. Asal muasal masakan rawon diyakini dari kota Surabaya, ibu kota provinsi Jawa Timur.

Rawon biasanya dijadikan sebagai hidangan plebeian dan menjadi favorit di kalangan bangsawan. Tidak mengherankan jika masakan ini dengan cepat menjadi populer.

Rawon biasanya disajikan bersama dengan nasi putih, telur asin, tauge, dan sambal (pasta cabai khas Indonesia yang pedas). Sekarang, Anda bisa dengan mudah menemukan menu rawon di banyak restoran tradisional Indonesia.

Seperti yang ditelusuri dari Taste Atlas, ada beberapa restoran di mana Anda bisa menikmati masakan rawon terbaik, seperti Rawon Setan Surabaya, Warung Sedap Malam - Rawon Kalkulator Surabaya, Rumah Makan Rawon Nguling Malang, Rawon Pak Pangat Surabaya, dan Kantin Blauran Surabaya di Jakarta Selatan.

Tidak hanya rawon, sup daging yang masuk dalam daftar 10 sup terenak di dunia versi Taste Atlas yaitu sebagai berikut.

  1. Rawon (Surabaya, Indonesia)
  2. Tom kha gai (Bangkok, Thailand)
  3. Ciorba Radauteana (Radauti, Romania)
  4. Beef Pho (Hanoi, Vietnam)
  5. Husleves (Hungaria)
  6. Northern Vietnamese Beef Pho (Vietnam)
  7. Gulyas (Vienna, Austria)
  8. Rosol (Poznan, Polandia)
  9. Sinigang na baboy (Quezon, Filipina)
  10. Youvarlakia (Yunani)

Itu tadi penjelasan mengenai masakan khas Jawa Timur, Rawon yang menjadi sup daging terbaik di dunia versi Taste Atlas.