Penampakan mobil Aston Martin Valour
Industri

Rayakan HUT ke-110, Aston Martin Luncurkan Mobil Ultra-Eksklusif Seharga Rp29,4 Miliar

  • Mobil edisi terbatas yang hanya diproduksi dengan jumlah 110 buah ini memiliki kecepatan maksimal hingga 322 km/jam
Industri
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

GAYDON - Aston Martin, produsen mobil mewah asal Inggris, 11 Juli 2023 lalu merayakan ulang tahun ke-110 dengan meluncurkan Valour. Mobil edisi khusus dengan transmisi manual bermesin V12. 

Dalam press release-nya, Valour disebut sebagai mobil “ultra-eksklusif” yang dibuat untuk menghormati tradisi panjang mobil sport bermesin depan dan diciptakan untuk mereka yang mendambakan pengalaman berkendara yang murni dan mendalam.

Mobil ini menggabungkan gaya retro dari Aston Martin V8 Vantages dan mesin modern V12 twin-turbo 5.2 liter bertenaga 715 tenaga kuda. Uniknya lagi, Valour menjadi mobil dengan mesin 12 silinder pertama yang menggunakan transmisi manual enam percepatan. Perusahaan Aston Martin menyebutkan, Valour mengutamakan keterlibatan fisik dan emosional yang telah hilang karena kemajuan.

Mobil ini disebut dapat berakselerasi dari nol hingga hampir 100 km/jam hanya dalam tiga detik saja. Mobil edisi terbatas yang hanya diproduksi dengan jumlah 110 buah ini memiliki kecepatan maksimal hingga 322 km/jam. Perusahaan menyebutkan, kelangkaan Valour memastikannya akan menjadi yang paling banyak dikoleksi dari semua Aston Martins.

Daily Mail menyebutkan, Valour akan mulai diperkenalkan secara global pada minggu ini di Goodwood's Festival of Speed ​​di West Sussex menjelang memulai produksinya pada musim gugur nanti. Diperkirakan pelanggan yang memesan mobil ini akan dapat merasakan kemewahan yang dipadukan dengan gaya retro tersebut sebelum Natal.  Valour akan dibanderol dengan harga 1,5 juta Poundsterling atau sekitar  Rp29,4 miliar (kurs Rp19.500). 

Perusahaan menyebutkan pembuatan Valour terinspirasi dari bentuk mobil V8 Vantage, pembalap RHAM/1 'Muncher' Le Mans berbasis Vantage dari tahun 1980, dan V600 Vantage  twin supercharged tahun 1990-an.

Mobil dua pintu dengan dua kursi kokpit ini memiliki mode berkendara – Sport, Sport+, dan Track yang sudah disetel untuk meningkatkan respon throttle, manajemen torsi, dan karakter suara. 

Simon Newton, Director of Vehicle Performance Aston Martin, mengatakan: “Terinspirasi oleh mobil-mobil ‘muscle’ ikonik dari masa lalu kami, kami telah menganugerahi Valor dengan tenaga dan torsi yang melimpah, sembari menggunakan teknologi dan rekayasa modern untuk membuat performa tersebut lebih dapat dieksploitasi dan dinikmati.”