Kegiatan pemeriksaan gigi dan mulut untuk lansia
Nasional

Rayakan Ulang Tahun ke-66, Unpad Selenggarakan Rangkaian Kegiatan untuk Lansia

  • Acara ini bertujuan untuk memberikan perhatian khusus kepada kelompok lansia dan pralansia serta memberikan layanan kesehatan gigi dan mulut secara langsung.
Nasional
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

BANDUNG – Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-66, Universitas Padjadjaran (Unpad) menggelar kegiatan yang menyasar target Lanjut Usia (Lansia)  dengan tagline  "Unpad Berbagi Smart Lansia".  

Acara ini bertujuan untuk memberikan perhatian khusus kepada kelompok lansia dan pralansia serta memberikan layanan kesehatan gigi dan mulut secara langsung.

Dilansir unpad.ac.id, Rabu, 23 Agustus 2023, Kegiatan "Unpad Berbagi Smart Lansia" dirancang dalam tiga rangkaian kegiatan yang berfokus pada kesehatan gigi dan mulut. Pertama, kegiatan Siniar (Podcast) kesehatan gigi dan mulut kegiatan dimulai dengan pre-event berupa siniar (podcast) yang membahas topik seputar kesehatan gigi dan mulut. 

Kegiatan kedua adalah layanan konsultasi daring kesehatan gigi dan mulut yang diselenggarakan melalui layanan teledentistry atau layanan kesehatan gigi dan mulut jarak jauh berbasis online. Konsultasi ini difasilitasi oleh Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Fakultas Kedokteran Gigi Unpad. Lansia dan pralansia dapat mengakses layanan ini secara gratis untuk mendapatkan konsultasi kesehatan gigi dan mulut.

Kegiatan ketiga berfokus pada layanan pemeriksaan gigi dan mulut yang diselenggarakan di kompleks Rumah Sakit Gigi dan Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Unpad, Bandung. Pemeriksaan gigi dan mulut ini dilakukan oleh tim dari Fakultas Keperawatan Unpad, yang terdiri dari tujuh dosen, dua Pranata Laboratorium Pendidikan, dan dua mahasiswa. Kegiatan ini ditujukan untuk memberikan perawatan langsung kepada lansia dan pralansia, dengan target peserta sebanyak 150 orang.

“Kita harapkan kegiatan ini berkesinambungan. Kita perlu ada inovasi yang menjadikan RSGM Unpad ini menjadi suatu layanan usaha yang memunculkan kebahagiaan bagi masyarakat,” kata Wakil Rektor Bidang Organisasi dan Perencanaan Unpad, Prof. Yanyan.

Sebelum kegiatan ini, tim dari Universitas Padjadjaran juga telah melaksanakan edukasi dan pemeriksaan gigi dan mulut di tiga Panti Wreda di Kota Bandung. Pelayanan ini memberikan manfaat nyata kepada 112 lansia yang mendapatkan pemeriksaan gigi dan mulut di panti-panti tersebut. Kelompok lansia dan pralansia merupakan kelompok yang sangat membutuhkan perawatan kesehatan gigi dan mulut. Antusiasme dan apresiasi yang diberikan oleh para lansia di Panti Wreda terhadap kegiatan ini menunjukkan besarnya manfaat layanan kesehatan yang diadakan oleh Universitas Padjadjaran.