Ilustrasi pajak
Nasional

Realisasi Pajak Capai 96,97 Persen Jadi Rp1.192,4 Triliun per 21 Desember

  • Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan menyampaikan bahwa realisasi penerimaan pajak sudah mencapai 96,97% menjadi Rp1.192,36 triliun per 21 Desember 2021.
Nasional
Daniel Deha

Daniel Deha

Author

JAKARTA – Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan menyampaikan bahwa realisasi penerimaan pajak sudah mencapai 96,97% menjadi Rp1.192,36 triliun per 21 Desember 2021 dari target Rp1.229,6 triliun.

Sebagai perbandingan, realisasi pajak ini cukup tinggi dibandingkan dengan tahun 2020. Dalam laporan DJP, hingga akhir Desember 2020 realisasi pajak hanya mencapai 89,25% menjadi Rp1.069,98 triliun, meleset dari target yang ditetapkan Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2020 sebesar Rp1.198,82 triliun.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP Neilmaldrin Noor mengatakan DJP akan terus berupaya memenuhi target penerimaan negara melalui seluruh instansi vertikal yang dimiliki hingga akhir tahun.

"Kami mengharapkan dukungan dari seluruh komponen masyarakat agar DJP dapat mencapai target penerimaan pajak nasional sesuai yang telah ditetapkan," katanya dalam keterangan pers, Kamis, 23 Desember 2021.

Dia menjelaskan, terdapat tiga Kantor Wilayah (Kanwil) yang telah berhasil mencapai target penerimaan pajak sebesar lebih dari 100% dari target yang telah ditetapkan, yaitu Kanwil DJP Jakarta Selatan I, Kanwil DJP Jakarta Khusus, dan Kanwil DJP Wajib Pajak Besar.

Selain itu, terdapat 93 Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di seluruh wilayah Indonesia yang telah berhasil mencapai target penerimaan pajak lebih dari 100% dari target yang telah ditetapkan pada masing-masing KPP.

Beberapa KPP yang bisa disebutkan antara lain  KPP Pratama Meulaboh, KPP Pratama Kosambi, KPP Pratama Tangerang Barat, KPP Pratama Serang Timur, KPP Pratama Cilegon, KPP Pratama Bandar Lampung Satu, KPP Pratama Jakarta Tamansari, KPP Pratama Jakarta Menteng Dua, KPP Pratama Cempaka Putih.

Ada pula KPP Pratama Gambir Tiga, KPP Pratama Sawah Besar Satu, KPP Pratama Mampang Prapatan, KPP Pratama Pancoran, KPP Pratama Sumedang, KPP Pratama Bandung Cibeunying, KPP Pratama Pondok Gede, KPP Pratama Bekasi Utara, KPP Pratama Bojonegoro, dan KPP Pratama Bangkalan.

Beberapa lainnya adalah KPP Pratama Pamekasan, KPP Pratama Ngawi, KPP Pratama Situbondo, KPP Pratama Malang Utara, KPP Pratama Jember, KPP Pratama Kediri, KPP Pratama Probolinggo, KPP Pratama Barabai, KPP Pratama Poso, KPP Pratama Ternate, KPP Pratama Gorontalo, KPP Pratama Palu, KPP Pramata Binjai, KPP Pratama Medan Barat, KPP Pratama Palembang dan KPP Pratama Sintang.