Potret Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru terima penghargaan BKN Award 2023 dari Kepala BKN Kantor Regional VII, Margi Payitno di Kantor Gubernur Sumsel pada Selasa, 11 Juli 2023.
Nasional

Rebut BKN Award 3 Tahun Beruntun, ASN Sumsel Diminta Tak Lekas Puas

  • Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Selatan (Sumsel) sukses menggondol Badan Kepegawaian Negara (BKN) Award tahun 2023.
Nasional
Rizanatul Fitri

Rizanatul Fitri

Author

JAKARTA--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Selatan (Sumsel) sukses menggondol Badan Kepegawaian Negara (BKN) Award tahun 2023. Capaian itu menjadi penghargaan ketiga beruntun yang diraih Sumsel di ajang tersebut. 

Penghargaan diserahkan oleh Kepala BKN Kantor Regional VII, Margi Payitno kepada Gubernur Sumsel, Herman Deru, pada awal pekan ini. “Alhamdulillah kinerja kami dalam menjalankan tugas pemerintahan diapresiasi, ”ujar Herman Deru dikutip dari humas.sumselprov.go.id, Jumat 14 Juli 2023. 

Gubernur mewanti-wanti kalangan ASN di lingkungan Pemprov tak cepat puas dengan capaian tersebut. Pihaknya meminta para abdi negara semakin bersemangat meningkatkan kinerja. “Penghargaan ini menjadi pelecut untuk terus meningkatkan kinerja. Yang terpenting, kita terus menjalin sinergi terkait dengan peningkatan profesionalime ASN,” tambahnya. 

Belanja Pegawai Meningkat

Kepala BKN Kantor Regional VII, Margi Payitno menuturkan tak hanya Pemprov Sumsesl yang mendapatkan BKN Award tahun 2023. Sejumlah Kabupaten/kota di Sumsel di antaranya Pemkot Pagaralam, Pemkab Musi Rawas, Pemkot Palembang, dan Pemkot Lubuk Linggau juga meraih penghargaan serupa. “Kami memberikan penghargaan pada Pemda dan Pemkot sebagai bentuk apresiasi atas kinerjanya dalam melayani masyarakat.”

Peningkatan kinerja ASN memang perlu terus dipacu mengingat belanja pegawai yang terus meningkat. Data Kementerian Keuangan mencatat belanja pegawai membengkak karena adanya kenaikan tunjangan kinerja (tukin), pembayaran gaji tunjangan hari raya (THR), dan gaji ke-13.

Anggaran tersebut naik menjadi Rp134,2 triliun pada semester I tahun 2023 atau naik sekitar 11% dari tahun 2022. Sedangkan anggaran belanja barang naik 2% menjadi Rp147,4 triliun dan belanja modal tumbuh 8,3% menyentuh Rp62 triliun.