Pertemuan Diplomat China, Wang Yi (kiri) dan Menlu AS, Antony Blinken di Jakarta, Kamis 13 Juli 2023.
Dunia

Redakan Tensi, Menlu AS dan Diplomat China Bertemu di Jakarta

  • AS menyatakan pertemuan tersebut menjadi bagian dari upaya memulihkan hubungan antara dua negara adidaya itu.

Dunia

Distika Safara Setianda

JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Antony J. Blinken bertemu dengan Diplomat China dan Direktur Urusan Luar Negeri Komite Pusat Partai Komunis China, Wang Yi, di Jakarta, Kamis 13 Juli 2023.

Pertemuan itu terjadi di sela forum ASEAN yang telah berlangsung sejak awal pekan ini. AS menyatakan pertemuan tersebut menjadi bagian dari upaya memulihkan hubungan antara dua negara adidaya itu.

Pertemuan juga diharapkan dapat mengelola kompetisi secara bertanggung jawab dan mengurangi salah persepsi antara kedua negara. Dilansir dari Antara, Jumat 14 Juli 2023, Blinken dan Direktur Wang berdiskusi secara terbuka dan konstruktif tentang berbagai isu bilateral, regional, dan global. 

Nilai-nilai Amerika

Mereka juga membahas isu-isu yang mengandung perbedaan serta sektor kerja sama yang potensial. “Menlu Blinken menekankan pentingnya menjaga perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan,” ujar juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Matthew Miller.

Blinken menggunakan kesempatan pertemuan tersebut untuk memajukan kepentingan dan nilai-nilai AS. Secara langsung, Blinken juga menyampaikan kekhawatiran bersama Amerika Serikat dan para sekutu mereka terkait sejumlah tindakan China. 

Menlu menjelaskan AS dan para sekutunya berkomitmen menjaga tatanan internasional yang bebas, terbuka, dan berbasis aturan.  “Kedua belah pihak sepakat mempertahankan saluran komunikasi terbuka dalam beberapa pekan dan bulan ke depan,” ujar Miller.