Nasional

Redam Kenaikan Harga Pangan, Pemerintah Siapkan Bansos dan Operasi Pasar

  • Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan pemerintah tengah menyiapkan berbagai bantuan sosial (Bansos) dan operasi pasar untuk membantu masyarakat menghadapi gejolak harga pangan global
Nasional
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan pemerintah tengah menyiapkan berbagai bantuan sosial (Bansos) dan operasi pasar untuk membantu masyarakat menghadapi gejolak harga pangan global.

Situasi krisis global yang terus berkembang membuat pemerintah ingin segera menghadapi krisis dengan baik di tengah situasi sulit saat ini.

"Pemerintah sudah menyiapkan ini, untuk bansos terus digulirkan, kemudian operasi pasar juga disiapkan. Bansos kita akan terus diperbesar di dalam rangka untuk menghadapi dampak daripada krisis global," ujar Ma'ruf dikutip dari laman Setkab pada Senin 29 Agustus 2022.

Ma'ruf Amin percaya diri Indonesia dapat menghadapi krisis global dengan baik. Hal ini terlihat pada pertumbuhan ekonomi yang menginjak di atas 5% dan juga inflasi terbilang rendah dibandingkan dengan negara lain.

Adapun terkait kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), Wapres mengungkapkan bahwa pemerintah sedang membahas opsi-opsi yang dapat dilakukan dalam mengatasi isu ini.

“Sekarang ini memang ada beberapa opsi sedang dipikirkan, apakah menaikkan harga, apakah membatasi, atau menambah subsidinya. Opsi-opsi yang sekarang lagi dibicarakan oleh pemerintah. Itu saja, mudah-mudahan nanti ada solusi yang terbaik buat masyarakat, dan buat pemerintah, buat bangsa, dan buat negara,” pungkasnya.