Reddit
Korporasi

Reddit Bakal IPO, Calon Investor Sarankan Target Dana Segar Rp75 Triliun

  • Kesuksesan IPO ini sebagian bergantung pada kondisi pasar IPO, yang telah mengalami kesulitan dalam beberapa tahun terakhir.
Korporasi
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Primadona media sosial (medsos) Reddit saat ini tengah mempertimbangkan untuk melakukan penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO). Adapun waktu IPO diperkirakan pada kuartal pertama tahun 2024 ini. 

Dilansir dari Bloomberg, para calon investor menyarankan agar Reddit menargetkan valuasi setidaknya sebesar US$5 miliar atau setara Rp75 triliun (kurs Rp15.000).

Sementara laporan dari Business Insider menyebut Reddit sedang bersiap-siap untuk melaksanakan IPO pada bulan Maret dan para calon investor menyarankan agar platform media sosial tersebut menargetkan valuasi lebih dari US$5 miliar.

Kesuksesan IPO ini sebagian bergantung pada kondisi pasar IPO, yang telah mengalami kesulitan dalam beberapa tahun terakhir. Valuasi Reddit diperkirakan berada di bawah angka US$5 miliar di pasar swasta. 

Ketika Reddit pertama kali mempertimbangkan untuk go public pada akhir 2021, yang merupakan tahun rekor bagi modal ventura, beberapa orang berpikir bahwa valuasi perusahaan tersebut bisa mencapai hingga US$15 miliar atau setara Rp225 triliun dalam sebuah IPO.

Target valuasi Reddit yang anjlok menunjukkan bahwa era valuasi di Amerika Serikat saat ini tidak setinggi tahun 2021 lalu. 

Untuk diketahui Reddit pertama kali didirikan pada tahun 2005 oleh Steve Huffman, Alexis Ohanian, dan Aaron Swartz. Mereka adalah teman satu kamar saat masih berkuliah di Universitas Virginia. 

Meskipun Reddit menjadi salah satu situs terbesar di dunia hanya dalam setahun, para pendiri kemudian menjualnya kepada Condé Nast dengan harga US$10 juta atau setara Rp150 miliar. Meskipun beberapa pendiri terlibat dalam usaha lain, Huffman tetap menjadi CEO sejak tahun 2015, mengawasi pertumbuhan pesat Reddit selama pandemi.

Di tahun yang sama, Pemerintah Indonesia melalui Komisi Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) memblokir Reddit sehingga penggunanya di tanah air tidak dapat lagi mengakses platform ini. 

Dikutip dari sebuah sumber, alasan pemblokiran Reddit oleh pemerintah ini adalah karena konten terbatas dalam hostingnya, seperti pornografi, perjudian, malware, dan lainnya, dan karena platform tersebut menolak memfilternya.