Reddit Dikabarkan Hapus Riwayat Obrolan Pengguna Sebelum 2023
Tekno

Reddit Dikabarkan Hapus Riwayat Obrolan Pengguna Sebelum 2023

  • Baru-baru ini pengguna Reddit menyadari bahwa situs tersebut tiba-tiba menghapus semua riwayat obrolan pengguna sebelum 1 Januari 2023.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Baru-baru ini pengguna Reddit menyadari bahwa situs tersebut tiba-tiba menghapus semua riwayat obrolan pengguna sebelum 1 Januari 2023. Selama beberapa minggu terakhir, banyak Redditor yang melaporkan hilangnya log obrolan pribadi mereka dan pesan yang dibagikan antara pengguna Reddit lainnya. Itu artinya pesan dan obrolan langsung yang ada dari sebelum tahun 2023 tidak lagi bisa diakses oleh pengguna.

Hal ini juga telah dikonfirmasi oleh Mashable di mana seorang juru bicara Reddit meneruskan pengumuman changelog kepada Mashable yang dibuat pada 22 Juni lalu di mana perusahaan tersebut membagikan bahwa pesan-pesan pengguna akan dihapus.

Pemberitahuan changelog tersebut mengatakan bahwa dalam upaya berkelanjutan yang mereka lakukan untuk memberdayakan komunitas, mereka sedang bertransisi ke infrastruktur obrolan yang baru. Selain itu, dalam upaya untuk memiliki transisi yang lancar dan cepat ke infrastruktur baru ini, mereka akan memigrasikan pesan atau obrolan yang dikirim mulai 1 Januari 2023 dan seterusnya. Perubahan ini juga akan berlaku mulai 30 Juni.

Tampaknya banyak pengguna Reddit yang melewatkan pemberitahuan tersebut yang muncul setelah dua pengumuman fitur lainnya. Pemberitahuan tersebut juga tidak secara eksplisit mengatakan bahwa pesan sebelum tahun 2023 akan dihapus. Tidak mengherankan jika pengguna Reddit kaget akan kebijakan ini.

Selain itu, beberapa Redditor juga diketahui telah membagikan atau melaporkan bahwa pesan dan obrolan mereka telah menghilang dari akun mereka bahkan sejak beberapa hari sebelum tanggal 30 Juni. 

Cara Memulihkan Pesan Reddit yang Hilang

Bagi Anda yang mengalami hilangnya pesan di akun Reddit, mungkin ada sedikit harapan untuk memulihkan percakapan Anda yang hilang. Seperti yang dilansir dari Mashable dan Business Today, pengguna dapat meminta data akun Reddit melalui formulir online.

Meski prosesnya mungkin tidak semudah pengguna mengunjungi kembali obrolan tersebut, tapi hal ini menawarkan kemungkinan bagi pengguna untuk mengambil dan mengamankan beberapa konten atau pesan yang sudah hilang.

Akan tetapi, terlepas dari opsi pemulihan ini, banyak pengguna yang tampaknya masih tetap tidak puas dengan pendekatan yang dilakukan oleh Reddit. Meski penghentian tersebut disebutkan dalam changelog, Reddit tampaknya gagal memberi tahu anggota komunitasnya secara langsung bahwa mereka akan menghapus pesan yang lama. 

Seperti yang telah diketahui, seiring dengan perubahan API dan kebijakan penghapusan riwayat obrolan baru-baru ini, Reddit juga telah membuat keputusan lainnya yaitu mengakhiri sistem reward Reddit Gold.