Reddit Dikabarkan Hapus Riwayat Obrolan Pengguna Sebelum 2023
Dunia

Reddit Resmi IPO dengan Harga Saham Rp533 Ribu

  • Perusahaan, bersama dengan para eksekutif dan karyawan, menjual total 22 juta saham dalam penawaran umum ini
Dunia
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Platform sosial media Reddit akhirnya menetapkan harga initial public offering (IPO) sebesar US$34 per saham atau setara Rp533.062 (asumsi kurs Rp15.685).

Dengan harga ini, nilai valuasi Reddit diperkirakan mencapai sekitar US$6,4 miliar atau setara Rp100,25 triliun.

Penetapan harga ini berada di angka maksimal dari kisaran harga yang telah ditargetkan oleh perusahaan sebelumnya, yaitu antara US$31 hingga US$34 per saham. Saham-saham Reddit akan tersedia untuk diperdagangkan di Bursa Saham New York dengan kode "RDDT" mulai hari Kamis.

Dikutip TrenAsia.com dari laman Business Insider, perusahaan, bersama dengan para eksekutif dan karyawan, menjual total 22 juta saham dalam penawaran umum ini. Mereka juga berencana untuk menyisihkan 8% dari saham tersebut untuk beberapa pengguna dan moderator terkemuka di situs tersebut. 

Langkah ini mengikuti jejak beberapa perusahaan besar lainnya seperti Airbnb dan Robinhood yang juga memberikan saham kepada pengguna mereka saat mereka menjadi perusahaan publik. Namun, tawaran ini menerima sedikit keraguan dari pengguna-pengguna Reddit di forum-forum saham dan investasi.

Penawaran umum perdana Reddit menjadi salah satu yang terbesar dalam beberapa tahun terakhir di pasar IPO Amerika Serikat. Ketika saham Reddit mulai diperdagangkan, itu akan menjadi perusahaan media sosial terbesar yang melakukan IPO sejak Pinterest pada tahun 2019.

Debut di pasar keuangan dari Reddit, yang sering disebut sebagai "halaman depan internet", telah dinantikan dengan antusiasme di Wall Street. Perusahaan telah mengajukan dokumen untuk melakukan penawaran umum perdana pada akhir tahun 2021, pada saat subreddit seperti r/WallStreetBets sedang populer di kalangan investor ritel. 

Untuk diketahui, Reddit saat ini memiliki lebih dari 73 juta pengguna aktif harian, menurut dokumen penawaran umum perdana mereka.

Reddit menghasilkan pendapatan sebesar US$804 juta pada tahun 2023, naik 21% dari tahun sebelumnya, meskipun mengalami kerugian sebesar US$90.8 juta selama tahun tersebut. Namun, kerugian ini lebih rendah dari kerugian sebesar US$158.6 juta pada tahun 2022.

Perusahaan juga baru-baru ini menandatangani kesepakatan dengan Google senilai US$60 juta per tahun untuk lisensi konten. Kesepakatan ini bertujuan untuk membantu Google dalam melatih model-model kecerdasan buatan mereka.

Dalam dokumen penawaran umum perdana mereka, Reddit menyebut pihak mereka percaya bahwa data yang dihasilkan dari platform mereka akan semakin penting seiring dengan meningkatnya penggunaan teknologi kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin.

Untuk diketahui Reddit pertama kali didirikan pada tahun 2005 oleh Steve Huffman, Alexis Ohanian, dan Aaron Swartz. Mereka adalah teman satu kamar saat masih berkuliah di Universitas Virginia. 

Meskipun Reddit menjadi salah satu situs terbesar di dunia hanya dalam setahun, para pendiri kemudian menjualnya kepada Condé Nast dengan harga US$10 juta atau setara Rp150 miliar. Meskipun beberapa pendiri terlibat dalam usaha lain, Huffman tetap menjadi CEO sejak tahun 2015, mengawasi pertumbuhan pesat Reddit selama pandemi.

Di tahun yang sama, Pemerintah Indonesia melalui Komisi Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) memblokir Reddit sehingga penggunanya di tanah air tidak dapat lagi mengakses platform ini. 

Dikutip dari sebuah sumber, alasan pemblokiran Reddit oleh pemerintah ini adalah karena konten terbatas dalam hostingnya, seperti pornografi, perjudian, malware, dan lainnya, dan karena platform tersebut menolak memfilternya.