Manajemen emiten perkebunan kelapa sawit PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk (SMAR) alias SMART / Smart-tbk.com
Korporasi

Refinancing, Emiten Sawit Sinar Mas Agro Rilis Obligasi Rp2,5 Triliun

  • Obligasi ini merupakan bagian dari Obligasi Berkelanjutan III yang memiliki target dana terhimpun sebesar Rp5 triliun. Sebelumnya, SMAR sudah menerbitkan Obligasi Berkelanjutan III Tahap I 2020 dengan jumlah pokok Rp1,5 triliun.
Korporasi
Reza Pahlevi

Reza Pahlevi

Author

JAKARTA – Emiten sawit PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk (SMAR) akan menerbitkan Obligasi Berkelanjutan III Tahap II 2021 dengan jumlah pokok obligasi sebesar Rp2,5 triliun. Dana dari obligasi ini akan digunakan untuk pendanaan anak usaha dan pembayaran utang jangka panjang alias refinancing.

Obligasi ini akan diterbitkan dalam tiga seri. Seri A memiliki nilai Rp477 miliar dengan tingkat bunga tetap 6% per tahun dengan jangka waktu 370 hari kalender terhitung sejak tanggal emisi. Pembayaran obligasi dilakukan secara penuh 100% dari jumlah pokok saat tanggal jatuh tempo.

Seri B memiliki nilai Rp1,065 triliun dengan tingkat bunga tetap 8,5% per tahun dengan jangka waktu 3 tahun terhitung sejak tanggal emisi. Pembayaran obligasi dilakukan secara penuh sebesar 100% pada saat tanggal jatuh tempo.

Seri C memiliki nilai Rp958 miliar dengan tingkat bunga tetap 9% per tahun dengan tenor 5 tahun terhitung sejak tanggal emisi. Pembayaran juga akan dilakukan secara penuh 100% pada tanggal jatuh tempo.

Bunga obligasi dibayarkan setiap tiga bulan sejak tanggal emisi, sesuai dengan tanggal pembayaran masing-masing. Pembayaran bunga pertama akan dilakukan pada 19 Januari 2022, sedangkan pembayaran bunga terakhir sekaligus jatuh tempo obligasi jatuh pada 29 Oktober 2022 untuk Seri A, 19 Oktober 2024 untuk Seri B, dan 19 Oktober 2026 untuk Seri C.

Dana yang diperoleh dari hasil penawaran obligasi setelah dikurangi dengan biaya-biaya emisi akan digunakan SMAR untuk dua hal. Pertama, sekitar 66% atau sebesar Rp1,64 triliun digunakan untuk pembayaran sisa setoran modal dalam anak usaha PT Sumber Indahperkasa.

Kedua, sisanya atau sekitar 34% akan digunakan untuk pembayaran sebagian pokok utang bank jangka panjang Perseroan yang merupakan angsuran pokok dan pelunasan pokok utang bank jangka pendek pada saat jatuh tempo.

PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) memberikan peringkat idA+ untuk penerbitan obligasi ini. Lalu, PT Bank Mega Tbk (MEGA) akan bertindak sebagai wali amanat dalam obligasi ini.

Ada empat penjamin pelaksana emisi obligasi ini, yaitu PT BCA Sekuritas, PT CIMB Niaga Sekuritas, PT Sinarmas Sekuritas (Terafiliasi), dan PT Sucor Sekuritas.

Obligasi ini merupakan bagian dari Obligasi Berkelanjutan III yang memiliki target dana terhimpun sebesar Rp5 triliun. Sebelumnya, SMAR sudah menerbitkan Obligasi Berkelanjutan III Tahap I 2020 dengan jumlah pokok Rp1,5 triliun.

Berikut adalah jadwal lengkap penerbitan Obligasi Berkelanjutan III SMAR Tahap II 2021:

  • Tanggal efektif: 31 Mei 2021
  • Masa penawaran umum: 13-14 Oktober 2021
  • Tanggal penjatahan: 15 Oktober 2021
  • Tanggal pengembalian uang pemesanan: 19 Oktober 2021
  • Tanggal emisi: 19 Oktober 2021
  • Pencatatan obligasi di Bursa Efek Indonesia: 21 Oktober 2021