<p>Perusahaan minyak dan gas (migas) milik konglomerat Arifin Panigoro, PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) / Facebook @medcoenergi</p>
Korporasi

Refinancing Utang, Medco Energi Terbitkan Lagi Obligasi Rp5 Triliun

  • Emiten minyak dan gas milik Arifin Panigoro, PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) telah menerbitkan obligasi berkelanjutan IV tahun 2021 dengan jumlah pokok obligasi sebesar-besarnya Rp5 triliun. Tahap pertama, Medco akan merilis obligasi ini pada 9 September 2021 senilai Rp1 triliun untuk bayar utang atau refinancing.
Korporasi
Reza Pahlevi

Reza Pahlevi

Author

JAKARTA – Emiten minyak dan gas milik Arifin Panigoro, PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) telah menerbitkan obligasi berkelanjutan IV tahun 2021 dengan jumlah pokok obligasi sebesar-besarnya Rp5 triliun. Tahap pertama, Medco akan merilis obligasi ini pada 9 September 2021 senilai Rp1 triliun untuk bayar utang atau refinancing.

Mengutip prospektus ringkasnya di Bursa Efek Indonesia (BEI), obligasi MEDC akan terbagi dalam dua seri, yaitu seri A dan seri B. Meski begitu, MEDC belum merinci lebih lanjut soal jumlah dan tingkat bunga tetap per tahun kedua seri obligasi tersebut.

“Obligasi ini berjangka waktu 36 bulan setelah Tanggal Emisi untuk Seri A dan 60 bulan setelah Tanggal Emisi untuk Seri B,” tulis manajemen MEDC dalam prospektusnya, Kamis, 19 Agustus 2021.

Jatuh tempo masing-masing seri obligasi adalah pada 9 September 2024 dan 9 September 2026. Bunga obligasi akan dibayar tiap tiga bulan dengan bunga pertama akan dibayarkan pada 9 September 2021 untuk kedua seri tersebut.

Dana yang diperoleh dari obligasi ini akan MEDC gunakan untuk dua hal. Pertama, untuk melunasi jumlah terutang atas obligasi perusahaan yang akan jatuh tempo pada 2022.

Ada tiga obligasi yang rencananya dilunasi tersebut, yaitu obligasi berkelanjutan II tahap IV 2017 seri B senilai Rp1 triliun, obligasi berkelanjutan II tahap V 2017 seri B senilai Rp753,5 miliar, dan obligasi berkelanjutan II tahap VI 2017 senilai Rp151,5 miliar.

Kedua, sisa dari dana yang diterima atas penerbitan obligasi akan digunakan sebagai modal kerja untuk mendukung kegiatan operasional MEDC sehari-hari, termasuk namun tidak terbatas pada kebutuhan pembayaran kepada vendor pada aset yang dimiliki perseroan.

Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) memberikan nilai A+ untuk seluruh obligasi berkelanjutan IV MEDC periode 17 Juni 2021 sampai dengan 1 Juni 2022, termasuk obligasi yang diterbitkan saat ini.

Terdapat tiga penjamin pelaksana emisi, yaitu PT DBS Vickers Sekuritas Indonesia, PT Mandiri Sekuritas Indonesia, dan PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk (TRIM). Sementara itu, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) bertindak sebagai wali amanat emisi ini.

Berikut adalah perkiraan jadwal penerbitan obligasi:

  • Masa penawaran awal: 19-26 Agustus 2021
  • Tanggal efektif: 31 Agustus 2021
  • Masa penawaran umum: 2-6 September 2021
  • Tanggal penjatahan: 7 September 2021
  • Tanggal pengembalian uang pemesanan (jika ada): 9 September 2021
  • Tanggal emisi: 9 September 2021
  • Tanggal pencatatan obligasi pada BEI: 10 September 2021