Karyawan beraktifitas dengan latar layar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan perdana di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin, 3 Januari 2022. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Pasar Modal

Rejeki Nomplok dari THR, Berikut 5 Saham Yang Bisa Kamu Beli Mulai dari Rp100 Ribuan

  • Saham menjadi salah satu instrumen favorit yang menjadi pilihan generasi muda. Meski begitu, masih banyak yang menganggap bahwa dalam berinvestasi kita harus memiliki modal yang besar untuk memulainya, padahal hal itu tidak sepenuhnya benar, banyak saham-saham berkinerja baik yang dibanderol murah sebagai pilihan bagi para generasi muda untuk memulai kegiatan investasi.
Pasar Modal
Muhammad Farhan Syah

Muhammad Farhan Syah

Author

JAKARTA - Di tengah disrupsinya perkembangan dunia saat ini, keinginan masyakarat untuk dapat 'melek' secara finansial pun juga turut meningkat, hal itu ditandai dengan banyaknya khalayak muda yang mulai belajar bagaimana caranya mengelola keuangan yang baik hingga menempatkan dana yang dimiliki pada sebuah instrumen keuangan sehingga dapat menghasilkan return yang menguntungkan ketimbang hanya ditabung saja.

Saham menjadi salah satu instrumen favorit yang menjadi pilihan generasi millenial hingga Gen-Z dalam berinvestasi. Meski begitu, masih banyak yang menganggap bahwa dalam berinvestasi kita harus memiliki modal yang besar untuk memulainya, padahal hal itu tidak sepenuhnya benar, banyak saham-saham berkinerja baik yang dibanderol murah sebagai pilihan bagi para generasi muda untuk memulai kegiatan investasi.

Berikut TrenAsia.com rangkum deretan saham perusahaan dengan harga terjangkau mulai dari Rp100 ribuan saja yang bisa menjadi pilihan dalam memulai investasi.

1. AVIA (Rp82.000 per Lot)
Perusahaan produsen cat merk Avian yakni PT Avia Avian Tbk bisa jadi piilihan untuk berinvestasi dengan modal terjangkau. Pada perdagangan terakhir di Bursa Efek Indonesia (BEI) 28 April 2022, harga saham berkode AVIA tersebut ditutup pada level Rp820 per lembar. Dengan demikian, untuk membeli saham AVIA dengan minimal pembelian sebanyak 100 lembar atau 1 lot hanya membutuhkan dana investasi sebesar Rp82.000 saja.

2. TOWR (Rp101.000 per Lot)
Perusahaan infrastruktur menara telekomunikasi terbesar di Indonesia saat ini yakni PT Sarana Menara Nusantara Tbk dapat menjadi pilihan berikutnya untuk memulai investasi saham dengan harga terjangkau.

Pada perdagangan terakhir, harga saham emiten berkode TOWR ini dibanderol sebesar Rp1.010 per lembar atau Rp101.000 per lot-nya. Kinerja perusahaan pun terbilang lebih baik jika dibandingkan dengan para kompetitornya, hal itu tercermin dari salah satu indikator pada rasio keuangan ROE (Return on Equity) yang tercatat lebih besar dibandingkan dengan perusahaan lainnya yang bergerak di sektor serupa yakni sebesar 28,5%.

3. MNCN (Rp100.500 per lot)
Emiten yang dimiliki oleh konglomerat Hary Tanoesoedibjo yakni PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) ini juga dapat menjadi pilihan selanjutnya untuk berinvestasi.

Perusahaan grup media yang menaungi saluran TV RCTI hingga Global TV ini tercatat dibanderol seharga Rp1.005 per lembar pada perdagangannya di BEI. Sehingga dana yang dibutuhkan untuk memulai investasi pada saham MNCN adalah sebesar Rp100.500 per lot-nya.

4. ACES (Rp104.500 per lot)
Perusahaan ritel penyedia perlengkapan dan kebutuhan rumah tangga asal Amerika yakni PT Ace Hardware Indonesia Tbk juga bisa menjadi pilihan selanjutnya. Pada perdagangan terakhir di BEI 28 April 2022, saham berkode ACES ini dibanderol seharga Rp1.045 per lembar, sehingga dana yang dibutuhkan untuk memulai investasi pada saham ACES adalah sebesar Rp.104.500 per lot-nya

5. AKRA (Rp107.000 per lot)
Di tengah meningkatnya kebutuhan bahan bakar minyak (BBM), salah satu perusahaan distributor produk minyak bumi yakni PT AKR Corporindo Tbk juga dapat menjadi pilihan menarik untuk mulai berinvestasi saham.

Pada perdagangan terakhir di BEI, saham berkode AKRA dibanderol seharga Rp1.070 per lembarnya, dengan demikian dana yang dibutuhkan untuk memulai investasi pada saham AKRA adalah sebesar Rp107.000 per lot.

Itu adalah deretan saham dengan harga terjangkau yang dapat menjadi pilihan bagi para muda-mudi untuk memulai investasi saham. Namun ibarat pepatah 'jangan membeli kucing dalam karung', sebaiknya cari tahu lebih lanjut mengenai perusahaan dari saham yang hendak dibeli, hal itu penting untuk membuat keputusan investasi yang akan diambil menjadi lebih baik.