<p>Presiden Bukalapak Muhammad Fajrin Rasyid bersama Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil. / Dok Bukalapak</p>
Industri

Rekam Jejak Gemilang Fajrin Rasyid Bos Bukalapak Jadi Direktur Telkom

  • JAKARTA – Akhirnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengangkat jajaran direksi dan komisaris PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. Salah satu nama yang menjadi sorotan adalah Co-Founder sekaligus Presiden PT Bukalapak.com Muhammad Fajrin Rasyid. Pria berusia 34 tahun ini memiliki rekam jejak yang gemilang di industri bisnis daring alias e-commerce maupun marketplace. Rapat […]

Industri
Sukirno

Sukirno

Author

JAKARTA – Akhirnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengangkat jajaran direksi dan komisaris PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk.

Salah satu nama yang menjadi sorotan adalah Co-Founder sekaligus Presiden PT Bukalapak.com Muhammad Fajrin Rasyid. Pria berusia 34 tahun ini memiliki rekam jejak yang gemilang di industri bisnis daring alias e-commerce maupun marketplace.

Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) Telkom yang berlangsung hari ini, Jumat, 19 Juni 2020, mengangkat Fajrin Rasyid sebagai direktur bisnis digital. Memang, Erick Thohir pernah menyebut akan ada kejutan dalam susunan direksi Telkom yang diisi sosok generasi milenial.

Erick bilang akan ada direktur Telkom yang berusia di bawah 40 tahun. Fajrin Rasyid bakal genap berumur 34 tahun pada 11 September 2020. Fajrin menggantikan posisi Faizal R. Djoemadi.

“Sekarang saatnya saya membantu Indonesia lebih maju lagi, dengan fokus untuk mengembangkan telekomunikasi Indonesia, bersama Telkom, Tbk. Saya berharap, pengalaman saya membesarkan bisnis startup hingga menjadi besar seperti sekarang, dapat membawa kontribusi untuk mengembangkan Telkom,” ujar Fajrin Rasyid dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat, 19 Juni 2020.

Sosok Fajrin memang cukup dekat dengan dunia digital. Karier pria lulusan Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung (ITB) dan School of Business Stanford University ini beberapa kali mengisi posisi web developer di perusahaan dan organisasi besar.

Menjadi Konsultan

Sebut saja di PT Indosat Tbk. (ISAT) dan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB). Selain itu, Fajrin juga pernah mengiisi posisi konsultan di The Boston Consulting Group dan menjadi Co-Founder dan CEO Suitmedia.

Hingga pada 2011, Farjin menjadi salah satu pendiri sekaligus Presiden Bukalapak. Selama di marketplace dengan valuasi lebih dari Rp35 triliun inilah nama Fajrin mencuat, terlebih sejak CEO Bukalapak Ahmad Zaky melepas kepemimpinannya.

Selain menetapkan jajaran manajemen baru, emiten BUMN bersandi saham TLKM juga memutuskan untuk membagi dividen Rp15,26 triliun atau 81,78% dari laba bersih 2019. Jumlah tersebut setara Rp154,06 per saham. (SKO)

Berikut susunan lengkap pengurus Telkom terbaru 2020:

Komisaris
Komisaris Utama: Rhenald Kasali
Komisaris Independen: Marsudi Wahyu Kisworo
Komisaris Independen: Ahmad fjmri Assegaf
Komisaris Independen: Wawan Iriawan
Komisaris Independen: Candra Arie Setiawan
Komisaris: Marcelino Pandin
Komisaris: Ismail
Komisaris: Alex Denni
Komisaris: Rizal Mallarangeng

Direksi
Direktur Utama: Ririek Adriansyah
Direktur Wholesale & International Service: Dian Rachmawan
Direktur Human Capital Management: Afriwandi
Direktur Keuangan: Heri Supriadi
Direktur Consumer Service: FM Venusiana R
Direktur Enterprise & Business Service: Edi Witjara
Direktur Network & IT Solution: Herlan Wijanarko
Direktur Digital Business : Muhammad Fajrin Rasyid
Direktur Strategic Portofolio: Budi Setyawan Wijaya