Pemandangan kembang api di atas London Eye untuk menandai perayaan Tahun Baru, di London, Inggris (Reuters/Hollie Adams)
Dunia

Rekaman Perayaan Tahun Baru 2024 di Penjuru Dunia

  • Dunia menyambut tahun 2024 dengan perpaduan perayaan dan refleksi yang suram. Sydney berkilauan di bawah hujan kembang api perak dan emas untuk memperingati ulang tahun ke-50 Gedung Opera ikoniknya, sementara suasana di Gaza tetap kelabu, dengan penduduk yang lebih peduli dengan kelangsungan hidup.
Dunia
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Dunia menyambut tahun 2024 dengan perpaduan perayaan dan refleksi yang suram. Sydney berkilauan di bawah hujan kembang api perak dan emas untuk memperingati ulang tahun ke-50 Gedung Opera ikoniknya, sementara suasana di Gaza tetap kelabu, dengan penduduk yang lebih peduli dengan kelangsungan hidup.

Di Eropa, Ratu Denmark Margrethe II mengumumkan pengunduran dirinya setelah lebih dari setengah abad naik takhta. Inilah cara tempat dan orang-orang di seluruh dunia mengucapkan selamat tinggal pada tahun 2023 dan menyambut Tahun Baru.

Berikut adalah beberapa dunia menyambut tahun 2024 yang dikutip dari Reuters, pada Senin, 1 Janiari 2024.

Australia — Sydney menyambut tahun 2024 dengan pertunjukan kembang api yang memukau, menampilkan kembang api perak dan emas untuk menandai ulang tahun ke-50 Gedung Operanya yang terkenal.

Gaza — Orang-orang di Gaza memiliki sedikit harapan bahwa tahun 2024 akan membawa banyak kelegaan setelah 12 minggu perang Israel untuk melenyapkan Hamas.

Di Rafah di perbatasan Gaza dengan Mesir, yang telah menjadi titik fokus terbesar bagi warga Palestina yang melarikan diri dari bagian lain daerah kantong itu, orang-orang lebih sibuk pada hari Minggu dengan mencoba mencari tempat berlindung, makanan, dan air daripada memikirkan Tahun Baru.

“Pada tahun 2024 saya ingin kembali ke reruntuhan rumah saya, mendirikan tenda dan tinggal di sana,” kata Abu Abdullah al-Agha, seorang pria Palestina paruh baya yang rumahnya di Khan Younis hancur dan kehilangan seorang keponakan perempuan dan keponakan laki-laki.dalam serangan udara Israel.

Denmark — Ratu Margrethe II Denmark menggunakan pidato Tahun Baru tahun ini untuk mengumumkan dia akan turun tahta pada 14 Januari setelah 52 tahun berkuasa dan akan digantikan oleh putra sulungnya, Pangeran Mahkota Frederik.

Rusia — Presiden Rusia Vladimir Putin, menghadapi pemilihan pada bulan Maret, hanya menyampaikan referensi dalam pidato Tahun Barunya pada Minggu, tentang perangnya di Ukraina, memuji tentaranya sebagai pahlawan tetapi sebagian besar menekankan persatuan dan tekad bersama.

Ukraina — Presiden Volodymyr Zelenskiy dalam pidato Tahun Baru mengatakan Ukraina telah menjadi lebih kuat dalam mengatasi kesulitan serius karena perang melawan Rusia hampir berusia dua tahun. Dia menyebutkan kata perang sebanyak 14 kali dalam pidato berdurasi 20 menit.

China — Presiden China Xi Jinping, berbicara pada Minggu dalam pidato yang disiarkan televisi untuk memperingati Tahun Baru, mengatakan negara itu akan mengkonsolidasikan dan meningkatkan tren positif pemulihan ekonominya pada tahun 2024.

Dan mempertahankan pembangunan ekonomi jangka panjang dengan reformasi yang lebih dalam.

Taiwan — Presiden Tsai Ing-wen mengatakan menjaga perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan adalah tanggung jawab kedua belah pihak.

Korea Utara — Korea Utara berjanji untuk meluncurkan tiga satelit mata-mata baru, membangun pesawat tak berawak militer, dan meningkatkan persenjataan nuklirnya pada tahun 2024 ketika pemimpin Kim Jong Un mengatakan kebijakan AS membuat perang tak terhindarkan, media pemerintah melaporkan pada Minggu.

Kim Jong Un dan Presiden China Xi Jinping berjanji untuk lebih mengembangkan hubungan kerja sama antara kedua negara dalam pesan Tahun Baru yang dipertukarkan pada Senin, Yonhap news Korea Selatan melaporkan, mengutip radio pemerintah Korea Utara.

Vatikan — Dalam doa Mingguannya, Paus Fransiskus berkata, “Saya berharap semua orang mendapatkan akhir tahun yang damai, dan tolong jangan lupa untuk mendoakan saya.”

Prancis — Presiden Prancis Emmanuel Macron dalam pidato yang disiarkan televisi menjelang perayaan Tahun Baru mengatakan 2024 akan menjadi tahun kebanggaan Prancis, yang ditandai dengan Olimpiade Musim Panas Paris 2024 dan pembukaan kembali katedral Notre-Dame setelah kebakaran hebat.

Jerman — Kanselir Olaf Scholz mengatakan dalam pidato tahun baru tradisionalnya bahwa, “2023 membawa banyak penderitaan dan pertumpahan darah, tetapi berjanji kami di Jerman akan melewati ini.”

Polisi pada Minggu menahan tiga tersangka lagi dalam dugaan rencana serangan Islamis terhadap Katedral Koln yang terkenal di Jerman pada malam Tahun Baru.

“Para tersangka penyerang berencana menggunakan mobil untuk menyerang katedral Gotik berusia 800 tahun itu,” kata polisi Cologne.

Inggris — London menyambut Tahun Baru dengan dentingan lonceng Big Ben yang terkenal, kembang api, dan tampilan sorotan berita yang menampilkan penobatan Raja Charles.

Amerika Serikat — Di New York, puluhan ribu orang yang bersuka ria berkumpul di Times Square Manhattan untuk menyaksikan bola yang menyala jatuh pada tengah malam, setelah pertunjukan yang dijadwalkan oleh musisi termasuk Megan Thee Stallion dan LL Cool J.

Presiden Joe Biden mengatakan dalam sebuah wawancara menjelang penyerahan bola, dia berharap “para perayaan menyadari kita berada dalam posisi yang lebih baik daripada negara mana pun di dunia untuk memimpin dunia.”

Brasil — Tontonan kembang api yang mempesona menerangi pantai Copacabana Rio de Janeiro di mana hampir dua juta orang berkumpul untuk menyambut Tahun Baru.

Itulah beberapa perayaan Tahun Baru 2024 di dunia.