Museum MACAN
Gaya Hidup

Rekomendasi 5 Museum di Jakarta yang Unik dan Instagramable

  • Museum kini tak sekadar menjadi tempat menyimpan benda bersejarah atau destinasi wisata edukatif.
Gaya Hidup
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Museum kini tak sekadar menjadi tempat menyimpan benda bersejarah atau destinasi wisata edukatif. Seiring perkembangan zaman, tak sedikit muncul museum berkonsep kreatif dan futuristik sehingga menarik untuk menjadi tempat berfoto. 

Jakarta pun memiliki sejumlah museum yang menarik untuk rekreasi sambil foto-foto di akhir pekan. Berikut lima rekomendasi museum di Jakarta yang Instagramable:

1. MoJA Museum

MoJA Museum berlokasi di Kompleks Gelora Bung Karno Main Stadium, Jalan Gerbang Pemuda No. 1, Gelora, Jakarta. Moja tak hanya memamerkan karya seni, tapi juga instalasi foto estetis. Ada pula wahana serta ruang ekspresi coretan untuk menyalurkan kreativitas para pengunjung.

MoJA Museum buka setiap hari dari pukul 11.00-19.30 WIB. Rentang harga tiketnya yakni Rp115.000 (Senin-Jumat) hingga Rp135.000 (Sabtu-Minggu). 

2. Art:1 New Museum & Art Space

Art:1 adalah galeri seni yang sudah cukup berumur. Museum yang berdiri sejak 1983 ini dibidani Martha Gunawan. Art:1 terdiri dari tiga lantai yang menyimpan berbagai koleksi lukisan, instalasi dan patung. Ada pula art space, instalasi video art dan fotografi yang Instagramble. 

Museum yang berlokasi di Jalan Rajawali Selatan Raya 5, Sawah Besar, Jakarta ini buka pukul 10.00-18.00 WIB (Selasa-Sabtu) dan 10.00-16.00 (Minggu). Senin tutup. Harga tiketnya mulai dari Rp35.000 hingga Rp100.000 per orang. 

3. Galeria Sophilia

Galeri Sophilia atau Sophilia Fine Art adalah salah satu museum megah di Jakarta Utara. Lokasi tepatnya yakni di di Calvin Tower lt.6-7, Jalan Industri Raya Blok B14 Kav. 1, Kemayoran, Pademangan. Museum ini menggabungkan konsep Eropa, Amerika serta Cina dalam sajiannya.

Ada sejumlah barang antik, artefak kuno, lukisan maupun pentas seni yang bisa disimak di Sophilia. Namun museum itu hanya buka setiap hari Minggu pukul 12.00-15.00 WIB. Pengelola menggratiskan tiket untuk anak usia 0-6 tahun. Untuk usia di atasnya rentang harga mulai Rp25.000 hingga Rp100.000. 

4. Galeri Nasional Indonesia

Museum Jakarta lain yang menarik buat foto-foto adalah Galeri Nasional Indonesia. Museum yang terletak di Jalan Medan Merdeka Timur No.14, Gambir, Jakarta Pusat ini menyimpan ribuan koleksi karya seni rupa dari Indonesia hingga mancanegara. 

Bentuknya mulai lukisan, patung, keramik, seni kriya, seni instalasi, dan lain-lain. Galeri Nasional buka setiap Selasa-Minggu pukul 09.00-16.00 WIB. Senin museum tutup.

5. Museum MACAN

Jangan salah ya, museum ini tidak memelihara macan atau memajang macan yang diawetkan. MACAN adalah kependekan dari Modern and Contemporary Art in Nusantara. Museum ini memiliki koleksi seni modern dan kontemporer pertama di Indonesia.

Ada sekitar 90 karya seni rupa modern dari Indonesia dan mancanegara yang ditampilkan di museum. Ada pula lukisan dan seni instalasi nan Instagramable yang menarik buat berfoto. Museum milik Haryanto Adikoesoemo itu berloasi di AKR Tower Level M, Jalan Panjang No. 5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

MACAN buka setiap Selasa-Minggu pukul 10.00-16.00 WIB (Senin tutup). Harga tiketnya mulai Rp80.000 hingga Rp100.000. Tiket dapat dibeli melalui museummacan.org.