Health App Ilustration
Gaya Hidup

Rekomendasi Aplikasi Kesehatan Mental untuk Anda, Ada yang Pakai AI Lho!

  • Selain melalui hobi ternyata banyak lho aplikasi yang bisa membantu untuk menjaga kesehatan mental Anda.
Gaya Hidup
Feby Dwi Andrian

Feby Dwi Andrian

Author

JAKARTA – Di tengah kondisi pandemi seperti sekarang ini, tidak sedikit orang yang mengeluhkan tingkat kecemasan yang bertambah, gelisah, dan terjebak dalam overthinking

Menyalurkan pikiran pada hobi atau hal baru dipercaya dapat mengurangi rasa cemas dan overthinking ketika menjalani aktivitas di rumah saja.

Namun, selain melalui hobi ternyata banyak lho aplikasi yang bisa membantu untuk menjaga kesehatan mental Anda. Mau tau aplikasinya apa saja? Simak ulasan berikut.
1. 7 Cups
Melalui aplikasi 7 Cups, Anda bisa curhat dengan bebas, baik kepada tenaga profesional maupun non-profesional. Pada aplikasi ini terdapat banyak kategori yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan. 

Setiap kategori dilengkapi dengan fitur tenaga profesional di bidangnya masing-masing. Menariknya, Anda bisa bergabung menjadi relawan pendengar setelah mengikuti beberapa pelatihan yang diajarkan.
2. Replika
Aplikasi yang menggunakan kecerdasan Al (artificial intelligence) dapat membantu Anda melawan kesedihan, kecemasan, panic attack dan lain-lain. Jika Anda membutuhkan seorang teman yang selalu mendukung , cobalah untuk mengunduh aplikasi ini.

3. Wysa
Wysa merupakan seorang robot pinguin Al yang dapat membantu Anda melawan kesedihan, stres, kecemasan, dan emosi-emosi negatif lainnya. Terdapat fitur CBT, DBT, yoga dan terapi yang membantu meningkatkan kesehatan mental.Tersedia fitur premium untuk Anda yang membutuhkan perawatan lebih lanjut dari seorang psikolog.
4. Friend Shoulder
Gunakan aplikasi Friend Shounder untuk temukan seseorang yang dapat membantu Anda. Anda hanya perlu curhat dan dapatkan dukungan dari orang-orang. 

Melalui aplikasi ini, Anda dapat menulis dan bertukar pesan secara anonim. Jadi Anda tidak perlu ragu bercerita tentang masalah kehidupan, tanpa takut seseorang dapat mengetahui identitas Anda.
5. Woebot
Woebot merupakan aplikasi self-care andal yang diciptakan oleh para pakar profesional yang ahli di bidang kesehatan mental. Didukung dengan kecerdasan Al, Woebot dapat membantu anda mengatasi berbagai masalah seperti depresi, kecemasan, masalah hubungan, kesepian, kesedihan dan banyak lagi. Tersedia fitur check-in yang dapat melakukan pelacakan mood anda setiap hari.