Membantu proses pembagian daging korban
Gaya Hidup

Rekomendasi Kegiatan Mengisi Waktu Libur Hari Raya Iduladha Bersama Kawan

  • Momen hari raya Iduladha dapat dirayakan dengan berbagai cara dan kegiatan yang positif.

Gaya Hidup

Khafidz Abdulah Budianto

JAKARTA - Momen hari raya Iduladha dapat dirayakan dengan berbagai cara dan kegiatan yang positif. Kegiatan ini dapat dilakukan bersama dengan keluarga maupun dengan teman-teman. Apalagi pada hari raya kurban tahun ini jumlah hari libur sangat panjang. Oleh karenanya banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan bersama dengan keluarga maupun teman-teman

Berikut adalah rekomendasi kegiatan yang bermanfaat untuk mengisi libur panjang memperingati hari raya Iduladha. Kegiatan ini sangat positif dan dapat menambah keakraban maupun komunikasi dengan keluarga dan teman-teman.

Melaksanakan Ibadah Bersama

Kegiatan utama yang dapat dilakukan bersama-sama dengan teman yaitu melaksanakan ibadah bersama. Ibadah ini dapat berupa amalan puasa Tarwiyah dan puasa Arafah. Puasa ini dilaksanakan pada hari ke delapan dan ke Sembilan bulan Dzulhijjah. Dengan melaksanakan puasa ini bersama dengan teman-teman maka juga akan meningkatkan rasa keimanan kita kepada Allah Swt.

Setelah berpuasa maka pada malam tanggal 10 Dzulhijjah kita dapat melaksanakan takbiran bersama. Setelah itu pada pagi harinya dilanjutkan melaksanakan sholat Iduladha bersama di masjid atau lapangan tempat diselenggarakan ibadah tersebut. Kegiatan ini juga dapat dilakukan bersama-sama dengan teman sehingga menjadi lebih ramai dan bermakna.

Membantu Proses Penyembelihan Hewan Kurban

Kegiatan selanjutnya yang dapat dilakukan adalah turut serta berpartisipasi dalam proses penyembelihan hewan kurban. Dalam kegiatan ini dibutuhkan banyak orang untuk membantu. Kita dan teman-teman dapat turut serta untuk membantu sehingga menambah rasa semangat gotong royong pada diri masing. Selain itu dengan membantu, kita dapat meringankan beban pekerjaan orang lain yang terlibat dalam proses tersebut.

Memasak dan Makan Bersama Perolehan Daging Kurban

Memasak dan makan bersama merupakan kegiatan yang sangat seru apabila dilakukan bersama dengan teman-teman. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan melakukan ngegrill bareng ataupun membuat sate bersama-sama. Acara akan semakin hangat karena pada kegiatan ini kita dapat saling bercengkrama dengan teman sembari mengobrol, makan, hingga bertukar pikiran bersama.

Liburan ke Destinasi Wisata

Alternatif kegiatan lain yang dapat dilakukan bersama dengan teman yaitu melakukan wisata bersama ke destinasi wisata. Hal ini dapat dijadikan pilihan mengingat jumlah hari libur yang panjang sehingga dapat dimanfaatkan dengan berbagai kegiatan. Wisata dapat dilakukan sebagai penutup dalam merayakan hari libur Iduladha sekaligus penutup libur panjang yang menyenangkan ini.