Ilustrasi perjalanan dengan menggunakan mobil
Hiburan

Rekomendasi Lagu Lawas untuk Temani Perjalanan di Mobil

  • Lagu-lagu lawas seringkali menjadi pilihan yang aman yang bisa membuat perjalanan lebih menyenangkan.

Hiburan

Bintang Surya Laksana

JAKARTA - Tidak peduli jarak yang jauh atau dekat, mendengarkan lagu di mobil seperti sebuah keniscayaan. Entah itu lagu dari radio maupun dari Apple CarPlay atau Android Auto. Perjalanan terasa ada yang kurang jika tidak mendengarkan lagu.

Terdapat banyak pilihan genre lagu yang dapat dipilih. Namun, lagu-lagu lawas seringkali menjadi pilihan yang aman yang bisa membuat perjalanan lebih menyenangkan. Lagu lawas umumnya memiliki melodi dan nada yang santai yang dapat mengisi perjalanan dengan suasana yang menenangkan.

Berikut adalah rekomendasi lagu-lagu lawas dengan berbagai genre yang dapat menjadi pilihan untuk masuk playlist menemani perjalanan Anda.

1. Wild World - Yusuf/Cat Steven

Lagu ini pertama kali dirilis pada tahun 1970 sebagai bagian dari albumnya yang berjudul "Tea for the Tillerman." 

Yusuf/Cat Stevens menyanyikan lagu ini dengan suara emosional yang menyampaikan pesan perpisahan dengan seseorang yang dicintai serta berharap agar orang tersebut akan menemukan kebahagiaan dalam perjalanannya ke depan di dunia yang penuh dengan tantangan.

“But if you wanna leave, take good care. Hope you make a lot of nice friends out there”

2. Suspicious Mind - Elvis Presley

Lagu ini pertama dirilis pada tahun 1969 sebagai singel dan kemudian menjadi salah satu hits terbesar dalam karir penyanyi legendaris tersebut.

Lirik lagu ini bercerita tentang hubungan yang penuh keraguan dan ketidakpercayaan antara sepasang kekasih. Namun, lagu ini juga mengungkapkan harapan untuk memperbaiki hubungan tersebut dengan keinginan untuk menjalin kembali kepercayaan antar pasangan.

“And we can't build our dreams on suspicious minds”

3. Tears in Heaven - Eric Clapton

Lagu ini merupakan salah satu karya paling terkenal dari legenda musik blues dan rock, Eric Clapton. Lagu yang dirilis pada tahun 1992 ini merupakan salah satu lagu dari albumnya yang berjudul "Unplugged".

Lirik lagu ini menceritakan perasaan kehilangan dan duka cita yang mendalam setelah tragedi yang dialami Clapton atas kematian putranya yang berusia empat tahun. Lagu ini mencerminkan perjalanan emosionalnya saat Clapton mencoba mencari jawaban atas kehilangan yang begitu tragis. 

“Would you hold my hand if I saw you in Heaven?”

4. Take Me Home, Country Roads - John Denver

Lagu yang rilis pertama pada 1971 ini merupakan salah satu lagu paling ikonik dalam dunia musik country dan folk yang dinyanyikan oleh legenda musik folk, John Denver. 

John Denver menggambarkan keindahan alam pedesaan Virginia Barat dan kerinduan seseorang untuk kembali ke tempat yang mereka anggap sebagai rumah lewat lirik lagu ini dengan indah yang didukung dengan melodi dan suaranya yang khas.

“Country roads, take me home to the place I belong”

5. Heaven knows I’m Miserable Now - The Smith

Lagu yang rilis pada 1984 ini merupakan salah satu lagu klasik dari band indie rock Inggris, The Smiths. Lagu ini merupakan salah satu lini lagu dalam album yang berjudul "Hatful of Hollow.”.

Lirik lagu ini mengungkapkan perasaan kesepian dan keputusasaan, yang sering menjadi tema dalam lagu-lagu The Smiths. The Smith dalam liriknya menggambarkan perasaan seseorang yang merasa tidak bahagia dalam hidupnya dan merasa sulit untuk menemukan kebahagiaan.

“In my life, why do I give valuable time to people who don't care if I live or die?”

6. Hey Jude - The Beatles

Lagu yang rilis pada 1968 dan menjadi salah satu lagu di album “The White Album” ini merupakan salah satu karya klasik yang paling ikonik dari legenda musik rock, The Beatles. 

Lirik lagu ini merupakan sebuah pesan penghiburan dan dorongan untuk seseorang yang sedang mengalami kesulitan. Lirik lagu ini menceritakan seseorang yang menasehati tokoh fiktif bernama Jude dan memintanya untuk tidak menyerah dan tetap kuat dalam menghadapi masalah. 

“Hey, Jude, don't make it bad, take a sad song and make it better”

7. Love Hurts - Nazareth

Lagu ini merupakan salah satu lagu balada rock yang sangat terkenal yang dinyanyikan oleh band rock asal Skotlandia, Nazareth.

Lirik lagu ini menggambarkan perasaan kecewa dan patah hati dalam hubungan cinta. Band ini berhasil menggambarkan melalui liriknya tentang bagaimana cinta dapat menyakitkan dan merusak hati, sekaligus merayakan kenangan manis yang dulu ada dalam hubungan tersebut. 

“Love is like a flame, it burns you when it's hot”

Itulah sejumlah lagu lawas yang dapat menjadi teman perjalanan yang menyenangkan. Jadi nyalakan mobil, pilih lagu kesukaanmu, dan biarkan lagu-lagu lawas ini menghiburmu di tengah macetnya lalu lintas atau jauhnya jarak tempat tujuan.