Pekerja berjalan di depan layar yang menampilkan pergerakan saham di Mail Hall Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta 17 Oktober 2023. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Rekomendasi

Rekomendasi Saham MEDC Hingga ACES Hari Ini

  • Sentimen positif yang melimpah diperkirakan akan membuat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berfluktuasi dalam kisaran 7.150-7300.
Rekomendasi
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA - Ajaib Sekuritas menyatakan adanya sentimen positif yang melimpah diperkirakan akan membuat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berfluktuasi dalam kisaran 7.150-7300 pada Selasa, 23 Januari 2024. 

Oleh sebab itu, perusahaan efek yang identik dengan warna biru muda ini memberikan rekomendasi untuk tiga saham potensial, yakni emiten retail ACES dan perusahaan energi berkodekan saham MEDC. 

Terkait pergerakan IHSG, Ajaib Sekuritas menyebut sentimen dalam negeri akan banyak dipengaruhi laporan Bank Indonesia (BI) tentang jumlah uang beredar dalam arti luas (M2) pada Desember 2023 mengalami pertumbuhan sebesar 3,5% year-on-year (yoy) menjadi Rp8.824,7 triliun.

“Angka ini mencerminkan peningkatan dibandingkan dengan pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 3,3% yoy. Selain itu, penyaluran kredit tahunan pada periode yang sama juga mengalami pertumbuhan sebesar 10,3%, naik dari pertumbuhan pada bulan November 2023 yang sebesar 9,7%,” ujarnya dalam risetnya pada Selasa, 23 Januari 2024. 

Data yang dirilis BI tersebut telah membuat akselerasi penyaluran kredit terjadi pada seluruh jenis penggunaan, seperti Kredit Modal Kerja (KMK), Kredit Investasi (KI), dan Kredit Konsumsi (KK). 

Di sisi lain, Ajaib Sekuritas mencatat bahwa meskipun IHSG mengalami apresiasi, investor asing mencatatkan penjualan bersih senilai Rp308,95 miliar. Sejalan dengan tindakan tersebut, nilai tukar rupiah Jisdor mengalami depresiasi sebesar 1% sejak awal tahun 2024, mencapai Rp15.627 per dolar AS pada tanggal 22 Januari 2024.

Dari Mancanegara, Ajaib Sekuritas menyatakan bahwa indeks utama bursa Wall Street, seperti S&P 500, Dow Jones, dan Nasdaq 100, terus mengalami reli dan mencatatkan rekor tertinggi sepanjang masa. 

“Optimisme pelaku pasar semakin meningkat seiring narasi pemotongan suku bunga di tahun 2024, setelah mencapai level tertinggi dalam dua dekade terakhir. Selain itu, musim rilis laporan keuangan juga memberikan katalis positif,” jelasnya. 

Sementara dari Asia, Ajaib Sekuritas mencatat bahwa pada bulan Januari 2024, Bank Sentral China (PBoC) kembali menerapkan kebijakan moneter ekspansif dengan menetapkan suku bunga pinjaman acuan (LPR) untuk tenor 1 tahun (medium-term lending) tetap sebesar 3,45%. 

“Sementara itu, suku bunga untuk tenor 5 tahun, yang merupakan benchmark untuk pinjaman properti, juga dipertahankan pada tingkat 4,2%,” paparnya.

PT ACE Hardware Indonesia Tbk (ACES)

ACES sedang mengalami tren bullish yang signifikan di atas Moving Averages (MA) dengan periode 5, 20, dan 100. Potensial untuk melanjutkan penguatan diperkuat oleh indikator stochastic yang menunjukkan golden cross di area netral, serta MACD yang memiliki histogram positif.

Rekomendasi Buy: 810, TP: 840, Stop loss: <770

PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) 

MEDC sedang mengalami tren bullish secara signifikan. Potensi untuk reversal dari fase bearish jangka pendeknya terlihat jelas. Indikator stochastic menunjukkan adanya kondisi oversold, memberikan indikasi kemungkinan adanya rebound.

Rekomendasi Buy: 1.175, TP: 1.220, Stop loss: <1.140

PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE)

BSDE memiliki potensi untuk mengalami reversal dari fase bearish jangka pendek. Indikator stochastic menunjukkan crossing di area oversold, sementara MACD bar histogram menunjukkan pelemahan terbatas dalam momentum akumulasi.

Rekomendasi Buy: 1.045, TP: 1.080, Stop loss: <1.030