Pusat batik Blok M Square.
Rumah & Keluarga

Rekomendasi Tempat Berburu Batik di Jakarta

  • JAKARTA – Hari Batik Nasional diperingati setiap tahun pada tanggal 2 Oktober. Batik nasional telah diakui sebagai bagian dari Daftar Perwakilan Warisan Budaya

Rumah & Keluarga

Distika Safara Setianda

JAKARTA – Hari Batik Nasional diperingati setiap tahun pada tanggal 2 Oktober. Batik nasional telah diakui sebagai bagian dari Daftar Perwakilan Warisan Budaya Tak Benda oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) sejak tahun 2009.

Dilansir dari berbagai sumber sejarah Hari Batik Nasional terjadi ketika batik diakui dalam sidang ke-4 Komite Antar-Pemerintah mengenai Warisan Budaya Tak-Benda yang diadakan oleh UNESCO di Abu Dhabi.

Awalnya, batik diperkenalkan kepada dunia internasional oleh Presiden Soeharto saat menghadiri konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa. Selanjutnya, batik Indonesia didaftarkan untuk memperoleh status Warisan Budaya Tak Benda (Intangible Cultural Heritage/ICH) melalui UNESCO pada tanggal 4 September 2008 di Jakarta.

Lalu, Presiden ke-6 Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 33 Tahun 2009, yang diterbitkan pada tanggal 17 November 2009.

Melalui Keputusan Presiden itu, Kementerian Dalam Negeri mengeluarkan Surat Edaran yang mendorong seluruh pegawai pemerintah di tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten untuk mengenakan batik setiap Hari Batik Nasional.

Dengan mengenakan batik, kita turut melestarikan warisan budaya leluhur, lho! Nah, berikut adalah rekomendasi tempat berburu batik di Jakarta.

Rekomendasi Tempat Berburu Batik di Jakarta

Berikut beberapa rekomendasi tempat berburu batik di Jakarta:

Iwan Tirta

Salah satu toko batik ternama di Jakarta adalah Iwan Tirta. Produknya menghadirkan karya seni mewah yang dihasilkan dengan bantuan pengrajin terbaik. Dengan menggunakan bahan-bahan mewah seperti katun dan sutra halus, organza, serta linen, setiap kain batik menjadi karya seni yang istimewa—simbol warisan dan keahlian tekstil Indonesia.

Batik Iwan Tirta telah dikenakan oleh berbagai pemimpin dunia, termasuk Nelson Mandela, Ronald Reagan, dan Bill Clinton. Iwan Tirta juga pernah diminta untuk merancang busana batik bagi George W. Bush dan istrinya. Selain itu, koleksi batiknya telah dipamerkan dalam berbagai acara fashion di kota-kota besar seperti Singapura, Tokyo, Sydney, Paris, Rio de Janeiro, dan New York.

Toko batik Iwan Tirta menawarkan koleksi batik premium untuk pria dan wanita, dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan batik di toko lain di Jakarta. Jika Anda menginginkan batik berkualitas terbaik, Iwan Tirta adalah pilihan yang tepat.

Alamat:

- Grand Hyatt Jakarta, Shopping Arcade Level 3: Jalan M. H. Thamrin Kav. 28-30, Jakarta 10350, Indonesia

- Iwan Tirta Home: Jalan Wijaya XIII No. 11A, Jakarta 12160

- Plaza Senayan Level 1: Jl. Asia Afrika No. 8, Jakarta 10270, Indonesia

- Pondok Indah Mall 2, Ground Floor: Jl. Metro Pondok Indah, Jakarta 12310, Indonesia

- Alun-alun Indonesia, Grand Indonesia Level 1: Jalan M.H. Thamrin No. 1, Menteng, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10310, Indonesia

- Sarinah Department Store, Level Ground (Pusaka): Jl. M.H. Thamrin No.11, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10350, Indonesia

Alleira

Toko batik premium berikutnya adalah Alleira Batik, harganya mulai dari Rp2 jutaan. Alleira Batik didirikan pada tahun 2005, dari kata bahasa Inggris kata memikat, yang berarti menarik atau menawan.

Alleira Batik merupakan merek yang berkomitmen untuk melestarikan batik sekaligus menghadirkan batik Indonesia dalam versi yang modern dan berkualitas tinggi, sehingga dapat diterima baik di pasar lokal maupun internasional.

Dilansir dari alleiraplaza, Alleira Batik menawarkan berbagai koleksi yang dirancang untuk menjadi bagian dari gaya hidup pria dan wanita masa kini yang selalu ingin tampil modis. Pemilihan bahan juga menjadi fokus utama Alleira, dengan mengutamakan kenyamanan bagi para pecinta mode.

Berkat konsep koleksi yang matang, setiap pakaian mudah dipadukan satu sama lain, memudahkan para penggemar batik dalam memilih tampilan kasual maupun formal dengan batik.

Alamat:

-Plaza Senayan Mall, Jalan Asia Afrika No.8, Tanah Abang, RT.1/RW.3, Gelora, Jakarta Pusat, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270

- Jl. Kemang Raya No. 27A, Jakarta Selatan DKI Jakarta, RT.8/RW.2, Bangka, Mampang Prapatan, Kota Jakarta Selatan, Jakarta 12730

Bateeq

Salah satu daftar terbaik untuk nama toko batik di Jakarta. Koleksi batik di toko ini masih terjangkau. Dilansir dari bateeq.com, diluncurkan pada tahun 2013, bateeq adalah merek fesyen Indonesia yang menawarkan sentuhan baru dan trendi pada batik melalui lini pakaian untuk pria, wanita, dan anak-anak.

Dikenal karena motif inovatifnya, bateeq memberikan sentuhan modern pada kerajinan yang sudah berusia berabad-abad untuk menciptakan koleksi gaun, kemeja, blus, dan celana siap pakai yang mudah bagi konsumen dan pengecer masa kini yang canggih.

Alamat:

- Senayan City: Jl. Asia Afrika, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270

- Central Grand Indonesia: Jl. M.H. Thamrin, RT.1/RW.5, Kb. Melati, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10310

- Lotte Shopping Avenue: Jl. Prof. DR. Satrio, Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12940

- Metro Puri Indah: Jl. Puri Indah Raya, RT.1/RW.2, Kembangan Sel., Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11610

Danar Hadi

Dari busana sehari-hari hingga acara-acara khusus, Danar Hadi memiliki koleksi Batik yang sesuai dengan gaya dan kebutuhan harian Anda. Danar Hadi berasal dari Solo, didirikan oleh sepasang suami istri yang memulai industri rumahan pada tahun 1967.

Dikutip dari danarhadibatik.com, dari awal berdirinya yang sederhana, Danar Hadi telah berkembang menjadi nama terdepan di dunia batik Indonesia yang identik dengan kualitas terbaik.  Mereka mengangkat batik sebagai warisan nasional Indonesia. Seiring waktu, Danar Hadi berinovasi dengan mengikuti perkembangan zaman, namun tetap mempertahankan nilai-nilai tradisional.

Hal ini tercermin dari produk yang mereka tawarkan, mulai dari batik klasik hingga batik kontemporer yang dijual dengan merek DAYS by Danar Hadi. Selain itu, butik batik ini memiliki banyak cabang di Jakarta, sehingga Anda dapat memilih toko batik terdekat untuk mendapatkan produk Danar Hadi.

Alamat:

- Melawai: Jl Melawai Raya 69-70, Jakarta Selatan

- Raden Saleh: Jl Raden Saleh 1A, Jakarta Pusat

- Tebet: Jl. Prof. Dr. Soepomo 29 Tebet, Jakarta Selatan

- Grand Indonesia: West Mall Grand Indonesia, UG Floor, Unit 19A, Jl. M.H Thamrin No.1. Jakarta Pusat

Blok M Square

Toko batik di Blok M Square terletak di lantai dasar. Harganya cukup terjangkau. Dengan sekitar Rp100 ribu, Anda bisa mendapatkan atasan batik yang cantik, dan jika pandai menawar, harganya bisa lebih murah. Pusat perbelanjaan ini berada di lokasi strategis di Ibu Kota.

Selain dapat dijangkau menggunakan Transjakarta atau angkutan umum, Blok M Square kini juga bisa diakses melalui MRT. Lokasinya tidak jauh dari Terminal Blok M dan Stasiun MRT Blok M, hanya membutuhkan waktu sekitar lima menit berjalan kaki untuk mencapai tujuan.

Pasar Tanah Abang

Sebagai pusat grosir terbesar di Asia Tenggara, Pasar Tanah Abang menawarkan berbagai pilihan batik. Terletak hanya satu kilometer dari Thamrin City, batik yang dijual di sini hampir serupa dengan yang ada di Thamrin City, namun dengan harga yang lebih terjangkau. Kisaran harganya mulai dari Rp35 ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Thamrin City

Thamrin City adalah surga para pencinta batik di Ibu Kota. Bisa dibilang, Thamrin City merupakan pusat batik di Jakarta. Terletak di Jakarta Pusat, tempat ini menawarkan berbagai jenis, motif, dan model batik, mulai dari atasan, kain, gaun batik, celana, dan lainnya. Beragam jenis batik dari seluruh Nusantara juga bisa ditemukan di sini.

Selain batik untuk perempuan, di Thamrin City juga tersedia batik untuk pria dan anak-anak. Semua produk di sini bisa dibeli secara satuan maupun dalam jumlah besar. Soal harga, kamu tidak perlu khawatir. Harga di tempat ini bervariasi, tergantung pada jenis dan model batik yang dipilih.

Itu dia beberapa rekomendasi tempat berburu baju batik di Jakarta!