Rekomendasi Warna Cat Rumah Populer di Tahun 2024 untuk Sambut Ramadan dan Lebaran
Rumah & Keluarga

Rekomendasi Warna Cat Rumah Populer di Tahun 2024 untuk Sambut Lebaran

  • Hingga saat ini, cat putih tetap menjadi pilihan favorit untuk menghiasi dinding rumah karena memberikan kesan timeless dan efek ruangan yang lapang. Namun, tren warna rumah terus berkembang dari tahun ke tahun.
Rumah & Keluarga
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Menjelang perayaan Lebaran, banyak dari kita merasa antusias untuk memberikan sentuhan baru pada rumah. Salah satu cara yang paling efektif dan berkesan adalah dengan mengganti warna cat rumah.

Tidak hanya memberikan tampilan yang lebih segar, mengganti warna cat rumah juga bisa menciptakan suasana yang menyambut kehangatan dan keceriaan. Inilah mengapa momen ini sering dijadikan kesempatan untuk merenovasi rumah dan menciptakan suasana yang lebih fresh.

Platform konstruksi digital, Gravel menyebut bahwa hingga saat ini, cat putih tetap menjadi pilihan favorit untuk menghiasi dinding rumah karena memberikan kesan timeless dan efek ruangan yang lapang. Namun, tren warna rumah terus berkembang dari tahun ke tahun.  

Berdasarkan pencarian Google, sentuhan warna lembut dan soft adalah yang paling banyak dicari pada awal tahun 2024. Sebut saja sage, beige, dan tone lembut lainnya. 

Lebih lanjut, Gravel juga memberikan rekomendasi warna cat rumah yang layak Anda pertimbangkan untuk menyambut ramadan dan lebaran.

Inspirasi Warna Cat Rumah Terpopuler untuk Diaplikasikan di Hunian Anda:

1. Sky Blue

Warna biru memiliki berbagai turunan yang cantik dan cocok dijadikan cat rumah. Salah satu warna turunan biru yang sedang populer adalah sky blue.

Secara psikologis, warna biru sering diasosiasikan dengan kesan damai, tenang, aman, dan stabil. Anda bisa mengaplikasikan warna cat blue sky ini di area beristirahat seperti ruang keluarga atau kamar tidur anak. 

Jika anda ingin ruangan lebih berwarna, padukan warna sky blue dengan warna lain. Warna putih adalah pilihan yang sangat tepat karena mampu memperkuat nuansa damai.

2. Ivory

Meskipun sering digunakan sebagai cat rumah, tidak banyak orang yang tahu tentang warna ivory. Apa itu warna ivory? Warna ini dikenal sebagai warna putih gading di Indonesia karena tone-nya yang serupa dengan gading gajah. 

Kesan yang dihadirkan dari warna rumah ini sederhana namun elegan. Sehingga sangat cocok untuk anda yang mencari warna cat rumah sederhana untuk hunian.

Guratan warnanya cenderung ke spektrum krem namun tetap putih. Ivory, sebagai rekomendasi warna cat rumah 2024, memberikan kesan lembut yang sering dikaitkan dengan kemurnian, ketenangan, berserah diri, serta spiritual. Dengan demikian, ivory sangat cocok untuk diterapkan di kamar utama atau ruangan musala.

3. Kuning Telur

Warna kuning sering dikaitkan dengan semangat, keceriaan, optimisme, dan memberikan kehangatan. Meskipun demikian, banyak yang ragu memilih warna kuning sebagai cat rumah karena dianggap norak dan terlalu terang. 

Namun, warna kuning telur sedang menjadi favorit sebagai cat rumah. Hal ini mungkin karena warna ini memiliki spektrum yang lebih gelap sehingga tidak terlalu menyilaukan.

4. Hijau Sage

Rekomendasi warna cat rumah 2024 ini tidak hanya cocok di dalam rumah tetapi juga di luar rumah. Warna hijau sage adalah perpaduan antara hijau dan abu-abu yang menciptakan warna daun yang mengering.

Berbeda dengan warna hijau lainnya yang terang, sage memiliki sentuhan warna yang lebih tua dan sendu. Oleh karena itu, cocok jika anda memadukannya dengan warna netral seperti putih, hitam, atau coklat. Dengan paduan yang tepat, sage dapat menjadi warna cat rumah bagian luar yang elegan, membuat hunian terlihat mewah!

5. Ungu Pastel

Selain warna kuning, ungu juga sering dihindari sebagai cat rumah karena dianggap norak. Walaupun begitu, banyak orang yang menyukai ungu pastel, terutama untuk mewarnai interior rumah.

Warna ungu muda atau ungu pastel dianggap memancarkan energi yang menyenangkan dan perasaan romantis. Oleh karena itu, cat warna ungu muda dapat diterapkan di berbagai area, mulai dari ruang keluarga, dapur, kamar mandi, hingga eksterior rumah.

6. Cream

Rekomendasi warna cat rumah 2024 yang terakhir adalah cream. Warna cream telah lama digunakan sebagai penghias interior maupun eksterior rumah karena menawarkan kesan elegan dan tidak mudah kotor.

Selain elegan, warna cream juga terkesan hangat dan tidak monoton. Sangat cocok untuk diaplikasikan di berbagai area ruangan, mulai dari dapur hingga kamar tidur.

Dengan memilih warna cat rumah yang sesuai dengan selera dan karakteristik rumah anda, anda dapat menciptakan nuansa yang menyenangkan dan memperindah hunian. Selamat mencoba!