Telaga Sarangan
Destinasi & Kuliner

Rekomendasi Wisata Keluarga Selama Libur Panjang Iduladha di Magetan

  • Selain dipergunakan sebagai waktu untuk beribadah menyambut hari raya kurban, momen libur panjang seperti ini menjadi kesempatan bagi siapa saja yang penat dengan pekerjaan maupun aktivitas lainnya untuk melepaskan penat.
Destinasi & Kuliner
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - Hari raya Iduladha yang jatuh pada hari Kamis tanggal 29 Juni 2023 bersamaan dengan libur panjang. Selain dipergunakan sebagai waktu untuk beribadah menyambut hari raya kurban, momen libur panjang seperti ini menjadi kesempatan bagi siapa saja yang penat dengan pekerjaan maupun aktivitas lainnya untuk melepaskan penat.

Salah satu cara untuk melepaskan penat yaitu dengan melakukan aktivitas liburan atau berwisata ke tempat yang indah dan menarik. Dengan berwisata kita dapat kembali me-refresh energi yang telah digunakan untuk bekerja dan melakukan aktivitas lainnya. Selain itu apabila agenda wisata ini dilakukan bersama dengan keluarga maka akan dapat meningkatkan komunikasi dan keakraban antar sesama keluarga disela-sela kesibukan masing-masing.

Lokasi wisata yang dapat dikunjungi pun beragam mulai dari wisata alam hingga wisata buatan. Kabupaten Magetan sendiri menyimpan ragam kawasan wisata yang dapat dikunjungi bersama dengan keluarga. Berikut adalah rekomendasi wisata keluarga di Kabupaten Magetan.

Telaga Sarangan

Opsi wisata alam yang paling terkenal di Kabupaten Magetan sejak zaman dahulu adalah Telaga Sarangan. Nama Sarangan telah terdengar saentero jauh sebagai lokasi wisata yang kondang. Lokasinya yang berada di kaki Gunung Lawu menjadikan suasana dan udara di kawasan wisata ini begitu sejuk dan dingin.

Telaga Sarangan sangat cocok dijadikan destinasi wisata keluarga. Tiket masuk kawasan ini cukup terjangkau yaitu Rp20.000,00. Terdapat berbagai wahana yang ada di dalam kawasan ini seperti wahana naik speedboat ataupun menunggangi kuda. Untuk wahana ini dibanderol tiket sekitar Rp100.000,00 – Rp150.000,00 untuk sekali naik mengelilingi telaga.

Genilangit Park

Genilangit Park merupakan salah satu tempat wisata dengan berkonsep wisata alam. Wisata ini mulai dibuka pada tahun 2017 di sebuah kawasan hutan pinus di kaki Gunung Lawu bagian selatan. Kawasan ini menawarkan pemandangan hutan pinus yang rindang nan indah. Lokasinya yang berada di dataran tinggi juga menjadikan udara di kawasan ini juga sejuk dan dingin.

Terdapat berbagai spot foto yang ada di wisata ini seperti ayunan, rumah kurcaci, dan lain sebagainya. Selain itu juga terdapat stand penjual makanan yang siap melayani ketika pengunjung membutuhkan asupan makanan saat berwisata. Tiket masuk kawasan ini juga cukup murah yakni Rp10.000,00.

Taman Refugia

Kawasan taman bunga yang baru dibuka menjadi kawasan wisata baru. Lokasinya sangat stretegis karena berada di dekat Pasar Plaosan dan jalan raya penguhubung pusat Kota Magetan dengan Telaga Sarangan. Wisata ini menyajikan berbagai macam bunga yang berwarna warni dan ditata apik sehingga indah untuk dipandang oleh siapapun.

Terdapat gardu pandang yang berfungsi untuk melihat seluruh area taman bunga dari atas sehingga dapat terlihat lebih indah. Harga tiket masuk taman bunga ini juga cukup terjangkau untuk wisata keluarga yakni Rp10.000,00.