Gaya Hidup

Rekor Termahal, Sekeping Koin Raja Edward VIII Terjual Rp18 Miliar

  • LONDON-Sebuah koin bergambar Raja Edward VIII tahun 1937 dibeli oleh seorang kolektor pribadi yang tidak dikenal dengan harga US$ 1,31 juta atau hampir Rp18 miliar. Penjualan ini menjadikannya sebagai koin Inggris paling mahal yang pernah dijual. Koin ini memang sangat langka karena hanya dibuat enam oleh British Royal Mint ketika Edward VIII menjadi Raja Inggris […]

Gaya Hidup
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

LONDON-Sebuah koin bergambar Raja Edward VIII tahun 1937 dibeli oleh seorang kolektor pribadi yang tidak dikenal dengan harga US$ 1,31 juta atau hampir Rp18 miliar. Penjualan ini menjadikannya sebagai koin Inggris paling mahal yang pernah dijual.

Koin ini memang sangat langka karena hanya dibuat enam oleh British Royal Mint ketika Edward VIII menjadi Raja Inggris pada tahun 1936. Pada saat itu, raja bersikeras bahwa koin itu menampilkan sisi kiri wajahnya, sementara raja lain selalu menampilkan sisi kanan. Menurut Royal Mint, Edward VIII ingin menutupi rambut kanannya yang tidak bagus.

Koin itu awalnya akan diproduksi massal mulai Januari 1937, tetapi ketika Edward VIII turun tahta pada bulan Desember 1936, produksi dibatalkan.  Raja memilih turun dari tahtahanya 10 bulan setelah mengambil alih kekuasaan, untuk menikahi Wallis Simpson, seorang janda, yang pada saat itu merupakan larangan. Pemerintahannya adalah yang terpendek dari semua raja Inggris.

Dalam pidato pengunduran dirinya, Edward VIII mengatakan: “Saya merasa mustahil untuk memikul beban tanggung jawab yang berat dan melepaskan tugas saya sebagai raja seperti yang ingin saya lakukan tanpa bantuan dan dukungan dari wanita yang saya cintai.”

Koin itu terbuat dari emas 22 karat dan berdiameter sekitar 22 milimeter. Beratnya sekitar 8 gram. “Edward VIII Sovereign adalah salah satu koin yang paling langka dan paling dicari kolektor di dunia, jadi tidak mengherankan bahwa ia telah menetapkan rekor baru untuk koin Inggris,” kata Rebecca Morgan, kepala layanan kolektor Royal Mint, seperti dikutip  Reuters.

Dalam pernyataan lain, Matt Curtis dari layanan kolektor Royal Mint mengatakan: “Sovereign ini penting bukan hanya karena kelangkaannya, tetapi karena ia berada di jantung cerita internasional dan telah dihargai oleh kolektor di Inggris dan Amerika. Edward VIII Sovereign tentu saja merupakan salah satu koin paling langka di dunia, tetapi kami berharap ini akan membantu menginspirasi orang lain untuk melihat-lihat rumah mereka dan melihat harta apa yang disembunyikan. ”

Dari enam koin Edward VIII yang ada, empat disimpan di museum dan institusi, dan sisanya adalah milik pribadi.