REKU
Fintech

Reku Luncurkan Portal Transparansi untuk Menekan Penipuan dalam Investasi Kripto

  • Portal Transparansi ini disusun dengan tiga elemen utama.
Fintech
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA – PT Rekeningku Dotcom (Reku) meluncurkan Portal Transparansi dalam rangka menekan potensi penipuan dalam investasi di dunia kripto.

Maraknya isu negatif seperti investasi bodong dan penipuan seringkali membuat masyarakat ragu untuk memulai perjalanan investasi, termasuk di industri aset kripto. 

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat bahwa investasi bodong telah menimbulkan kerugian hingga mencapai Rp139 triliun yang terakumulasi sejak tahun 2017 hingga 2023.

Ketidakpercayaan masyarakat ini sering kali disebabkan oleh kurangnya pemahaman mengenai aset kripto, yang sebenarnya merupakan instrumen yang sah dan diatur oleh pemerintah. 

Kondisi ini mengingatkan akan pentingnya transparansi informasi terkait cara kerja dan operasional suatu platform investasi kripto agar dapat membangun kepercayaan masyarakat dan memberikan rasa nyaman dalam berinvestasi.

Menyikapi kondisi tersebut, Reku, sebagai platform jual-beli dan investasi kripto, mengambil langkah proaktif dengan meluncurkan Portal Transparansi. 

Jesse Choi, Co-CEO Reku, menjelaskan bahwa Portal Transparansi ini dihadirkan sebagai sumber informasi bagi masyarakat Indonesia mengenai investasi kripto. 

“Pada Portal Transparansi ini, Reku menyajikan rujukan informasi dan tren terkini terkait investasi aset kripto. Mulai dari apa saja yang perlu diperhatikan sebelum memilih platform investasi, perkembangan industri, dan upaya pencegahan terhadap potensi penipuan atau pengelabuan berkedok investasi kripto,” ujar Choi kepada TrenAsia, Kamis, 21 Desember 2023.

Portal Transparansi ini disusun dengan tiga elemen utama. Pertama, Transparansi Operasional, di mana Reku berkomitmen untuk membagikan informasi tentang cara menjalankan bisnis dan operasional lainnya, termasuk lisensi perusahaan dan laporan audit rutin. 

Masyarakat juga diberikan kemampuan untuk melakukan Cek Fakta terkait informasi di industri kripto. Selain itu, terdapat Forum Transparansi sebagai wadah diskusi bagi masyarakat seputar industri aset kripto bersama komunitas dan tim Reku.

Dengan adanya Portal Transparansi ini, diharapkan masyarakat dapat merasa lebih nyaman dalam melibatkan diri dalam investasi kripto. 

Inovasi ini diharapkan dapat membantu para investor meningkatkan pemahaman mereka tentang aset kripto, menghindari kesalahpahaman, dan pada akhirnya, membangun kepercayaan masyarakat terhadap investasi kripto sebagai alternatif instrumen diversifikasi yang sah.