Suasana di Stasiun Pondok Ranji, Tangerang Selatan usai program revitalisasi dalam rangka peningkatan dan Aksesibilitas dan Penataan,Jumat 17 Juni 2022. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Nasional

Renovasi Stasiun Pondok Ranji Tuntas, Ada Fasilitas Baru dan Ramah Disabilitas

  • Renovasi Stasiun Pondok Ranji telah tuntas dilaksanakanhal itu ditandai dengan peresmian yang dilakukan pada Kamis, 16 Juni 2022 lalu.
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - Renovasi Stasiun Pondok Ranji telah tuntas dikerjakan dengan disediakannya fasilitas baru serta ramah disabilitas. Selesainya renovasi stasiun ditandai dengan dilaksanakannya peresmian pada Kamis, 16 Juni 2022 lalu.

Peresmian stasiun dilakukan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang didampingi oleh Komisaris Utama PT KAI (Persero) Said Aqil Siraj, dan Direktur Utama PT Jaya Real Property (JRP) Trisna Muliadi.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, kolaborasi ini bertujuan untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui peningkatan layanan kereta api.

"Kami akan terus memberikan yang terbaik dengan mengembangkan berbagai pelayanan dalam rangka mengajak masyarakat dapat beralih menggunakan transportasi massal kereta api dengan aman dan nyaman," kata Didiek dalam keterangan resmi, dikutip Sabtu, 18 Juni 2022.

Selanjutnya, renovasi ini ditunjukkan untuk meningkatkan aksesibilitas dan penataan Stasiun Pondok Ranji dengan bekerja sama antara Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perkeretaapian, PT Kereta Api Indonesia (Perseroa) (KAI), dan JRP.

Penataan stasiun ini dilakukan juga agar ramah bagi penyandang disabilitas dengan disediakannya fasilitas pendukung disabilitas seperti lift prioritas, guide block, dan toilet khusus difabel.

Adapun ruang lingkup penataan dan pembangunan Stasiun Pondok Ranji lainnya meliputi renovasi bangunan stasiun, penambahan gedung parkir, dan pembangunan akses baru Stasiun Pondok Ranji.

Untuk akses baru Stasiun Pondok Ranji telah disediakan fasilitas eskalator, tangga, musala, ruang laktasi, toilet difabel, lift, loket, vending machine, halte Bus Intrans, dan area parkir.

Didiek melanjutkan, akses baru pada Stasiun Pondok Ranji mulai diujikan sejak 7 Juni 2022. Tercatat ada sebanyak 370 pengguna KRL dalam satu hari yang sudah menggunakan akses baru.

Kemudian dilakukan juga penataan pada bangunan lama stasiun di antaranya peremajaan gedung, penataan area komersial, penataan area parkir, serta penataan gerbang stasiun. 

Penataan tersebut dilakukan agar membuat pengguna dapat menikmati hall stasiun lebih luas, area parkir lebih rapi dan kapasitasnya bertambah, serta selasar pejalan kaki yang berkanopi.