<p>PT Lunaria Annua Teknologi (KoinWorks). / Koinworks.com</p>
Korporasi

Repower Asia (REAL) Ekspansi ke Bisnis Data Center

  • Emiten properti PT Repower Asia Indonesia Tbk (REAL) akan mengkonversi aset gedung perkantoran yang dimiliki menjadi data center.
Korporasi
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

JAKARTA - Emiten properti PT Repower Asia Indonesia Tbk (REAL) mengungkapkan rencananya untuk merambah ke bisnis data center.

Peluang dalam rangka menyambut boomingnya bisnis digital ini dilakukan dengan mengkonversi aset gedung perkantoran yang dimiliki REAL di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Presiden Direktur REAL Aulia Firdaus mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan pembicaraan dengan beberapa mitra strategis. Adapun lokasi yang dibidik di Cikarang dan Tangerang.

“Kami tengah melakukan pembicaraan serius dan melakukan feasibility study terkait bisnis data center ini,” ujar Aulia dalam keterangan resmi yang dikutip Rabu, 15 September 2021.

Berdasarkan laporan JLL bertajuk Data Centre in Indonesia Unveiling The Potential to Become The next Digital Hub, disebutkan bahwa sektor ini akan terus tumbuh dan berkembang pesat. Ini terjadi atas dorongan dari pertumbuhan generasi muda, kelas menengah baru, serta kebangkitan ekonomi digital.

Sementara itu, data Structure Research juga memproyeksi pertumbuhan data center di Indonesia pada periode 2020-2025 akan mencapai 23,5% per tahun. Pada 2025, market sizenya diperkirakan mencapai US$618,6 juta atau setara Rp8,9 triliun (Kurs Rp14.500 per dolar Amerika Serikat).

Aula menyebut, dalam mengembangkan bisnis, pihaknya senantiasa melakukan research. Ke depan, bisnis data center ini diyakini akan memperkuat sisi pendapatan berkelanjutan REAL.

Sebagai informasi, belum lama ini REAL juga menggarap properti edukasi senilai Rp825 miliar dengan menggandeng Pesantren Daarul Quran binaan ustaz Yusuf Mansur.

Proyek yang berlokasi di Pasar Minggu, Jakarta Selatan ini akan dibangun untuk 1.500 pengajar pesantren Darul Quran di Cipondoh, Tangerang.

“Segala usaha akan kami lakukan untuk memajukan perusahaan. Data center ini merupakan tahap awal dari pengembangan bisnis properti digital yang direncanakan REAL ke depan,” ungkap Aulia.