Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)
Nasional

Reshuffle Kabinet Jokowi, AHY Dikabarkan Dilantik Jadi Menteri ATR/BPN

  • Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan meresuffle kabinet pada Rabu, 21 Februari 2024. Rabu besok bertepatan Rabu Pon, di mana sudah menjadi kebiasaan Jokowi melakukan reshuffle.
Nasional
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan meresuffle kabinet pada Rabu, 21 Februari 2024. Rabu besok bertepatan Rabu Pon, di mana sudah menjadi kebiasaan Jokowi melakukan reshuffle.

Berdasarkan informasi beredar, ada dua menteri bakal berganti. Yakni Menko Polhukam dan Menteri ATR. Posisi Menko Polhukam saat ini kosong setelah ditinggal Mahfud MD. Mendagri Tito Karnavian menjadi Plt Menko Polhukam. Sedangkan Menteri ATR/BPN kini dijabat Hadi Tjahjanto.

Jokowi dikabarkan berencana untuk menggeser Hadi dari jabatan Menteri ATR/BPN menjadi Menko Polhukam. Sementara itu, posisi Menteri ATR/BPN nantinya akan diisi oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Ketua Bappilu Demokrat, Andi Arief, menanggapi soal kabar AHY yang bakal dilantik jadi Menteri ATR besok. “Saya belum mendengar, cuma kalau kabar itu benar, kita doakan saja yang terbaik,” ujar Andi kepada wartawan, pada Selasa, 20 Februari 2024.

Lebih jauh, Andi Arif mengatakan AHY siap jika benar dipercaya menjadi Menteri ATR/BPN. “Tentu di sebagai seorang patriot, kalau negara benar-benar meminta, dia pasti siap,” tutup Andi.

Menurut Anggota Komisi II DPR, Guspardi Gaus, yang memiliki kemitraan dengan Kementerian ATR, peluang bagi AHY untuk mengisi posisi yang kemungkinan akan ditinggalkan oleh Hadi memang terbuka. 

Hal ini karena AHY saat ini merupakan bagian dari koalisi yang mendukung pemerintah. “Peluang itu bisa-bisa saja, Demokrat sekarang ini bagian dari pendukung Pak Jokowi,” ujar Guspardi.

Pada sisi lain, Menkominfo Budi Arie Setiadi, ketika dimintai tanggapan mengenai isu tentang AHY, belum bersedia untuk memberikan banyak komentar. Meskipun demikian, ia juga tidak menolak kemungkinan bahwa AHY akan masuk ke dalam kabinet. “Nanti tunggu saja undangan resminya,” ujar Ketum Projo itu.

Kabarnya Hadi dan AHY bakal dilantik pada Rabu, 21 Februari 2024 besok. Dalam kalender Jawa, besok merupakan hari Rabu Pon, yang kerap jadi momentum reshuffle kabinet di era Presiden Jokowi.