Karyawati melayani nasabah di salah satu kantor cabang Bank Negara Indonesia (BNI) di kawasan SCBD, Jakarta, Jum'at, 11 Maret 2022. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Korporasi

Resmi! BNI Bentuk Anak Usaha BNI Modal Ventura dengan Investasi Awal Rp500 Miliar

  • Bank BNI mendirikan PT BNI Modal Ventura dengan setoran awal Rp500 miliar.
Korporasi
Merina

Merina

Author

JAKARTA - Emiten perbankan PT Bank Negara Indonesia (Persero) TbK (BBNI) mendirikan entitas anak BBNI yang bergerak pada bidang modal ventura yakni PT BNI Modal Ventura. BNI menyetorkan modal awal sebesar Rp500 miliar kepada BNI Ventura atau setara  500.000 saham. 

Dengan demikian, kepemilikan saham perseroan di anak usaha tersebut sebesar 99,98% dari total saham, sementara 0,2% dipegang oleh PT BNI Asset Management.

Sekretaris Perusahaan Bank BNI Mucharom mengungkapkan, transaksi ini dilakukan dalam rangka mendukung transformasi digital perseroan. Kedua pihak telah menandatangani kesepakatan pada 12 April 2022. Sementara aksi penyetoran dana dilakukan perseroan pada 12 Mei 2022.

"Pendirian ini entitas anak usaha ini, diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap kinerja konsolidasi dan positioning BNI," kata Mucharom dalam keterangan tertulis Rabu 18 Mei 2022.

Mucharom melanjutkan, rencana penyertaan modal tersebut telah mendapatkan persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 25 April 2022 dan telah dianggarkan dalam RBB BNI 2022.

Sebagai informasi, BBNI telah menggandeng Japan Regional Bank (RJB) The Iyo Bank, dan The Shoko Bank Ltd, terkait pinjaman modal kerja dalam mata uang Yen kepada PT Ichii Industries Indonesia.

Adapun langkah ini dilakukan, sebagai upaya untuk membuka peluang masuknya investasi ke Tanah Air. Terlebih Jepang merupakan salah satu negara dengan arus invetasi yang menguat pada masa pemulihan ekonomi tahun ini.