Ilustrasi uang.
Nasional

Resmi Diluncurkan, Yuk Cek Cara Tukar Uang Rupiah Baru

  • Uang Rupiah baru emisi 2022 sudah diluncurkan dalam acara Peluncuran Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 yang disiarkan secara daring pada YouTube Bank Indoneisa, Kamis 18 Agustus 2022.
Nasional
Feby Dwi Andrian

Feby Dwi Andrian

Author

JAKARTA - Uang Rupiah baru emisi 2022 sudah diluncurkan dalam acara Peluncuran Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 yang disiarkan secara daring pada YouTube Bank Indoneisa, Kamis 18 Agustus 2022.

Adapun prosesi peresmian peluncuran uang rupiah kertas diresmikan oleh Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo beserta dengan Menteri Keuangan, ,Sri Mulyani Indrawati.

Uang Rupiah kertas tahun emisi 2022 yang baru berisikan pecahan mulai dari Rp1.000 sampai dengan Rp100.000.

Bagi masyarakat yang ingin menukarkan uang baru tersebut bisa secara online dengan aplikasi bernama PINTAR (Penukaran dan Tarik Uang Rupiah).

Untuk akses aplikasi PINTAR baru bisa diakses oleh masyarakat pada pukul 11.00 WIB atau bisa melalui situs web https://pintar.bi.go.id.

"Aplikasi penukaran tersebut dapat diakses oleh masyarakat mulai tanggal 18 Agustus 2022 pukul 11.00 WIB," sambung Erwin Haryono, Kepala Departemen Komunikasi dalam keterangan tertulis pada Kamis, 18 Agustus 2022.

Sementara itu, mengenai ketersediaan jadwal dan lokasi kas keliling Bank Indonesia bisa dilakukan cek secara berkala melalui aplikasi PINTAR.

Karena jadwal dan juga lokasi kas keliling akan diperbaharui secara berkala.

Selain lewat Bank Indonesia, masyarakat juga bisa melakukan penukaran uang kertas Tahun Emisi 2022 melalui bank umum dengan terlebih dahulu menghubungi perbankan yang dituju untuk mengetahui informasi lebih lanjut.