Christian Pulisic sedang latihan perdana di AC Milan.
Olahraga

Resmi Gabung AC Milan, Gaji Per Pekan Christian Pulisic Turun Separuh

  • Christian Pulisic akan menerima gaji di AC Milan sebanyak 64,7 ribu Poundsterling per pekan atau Rp1,2 miliar. Ini artinya, turun sebesar 58% dibandingkan di Chelsea.
Olahraga
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA – Christian Pulisic telah resmi jadi rekrutan anyar AC Milan di bursa transfer pemain musim panas 2023. Pemain asal Amerika Serikat itu dikabarkan akan menerima gaji sebesar 64,7 ribu Poundsterling per pekan atau Rp1,2 miliar (asumsi kurs Rp19.583 per poundsterling)

Sebelumnya, Pulisic mendapatkan gaji di Chelsea sebesar 150 ribu Poundsterling per pekan atau Rp2,9 miliar. Ini artinya, gaji pemain yang dijuluki Captain America turun 58 persen atau senilai Rp1,7 miliar. 

Melansir The Express, Jumat 14 Juli 2023, untuk memboyong Pulisic dari Chelsea, AC Milan harus merogoh kocek 17 juta Poundsterling (Rp335 miliar). Pemain yang berposisi winger menandatangani kontrak di San Siro hingga 2027 mendatang. 

Minim Jam Terbang di Chelsea 

Sejak didatangkan Chelsea dari Borussia Dortmund pada 2019 lalu, Pulisic telah mencatatkan 145 penampilan dengan menorehkan 26 gol dan 21 assist. Namun dirinya hanya diberikan kesempatan starter sebanyak 58 kali saja. 

Bahkan, pada musim lalu pemain berusia 24 tahun itu hanya diberikan kesempatan starter sebanyak delapan kali. Hal inilah yang membuat dirinya memantapkan hengkang ke AC Milan demi mendapatkan jam terbang lebih banyak.  

"Tentu saja. Saya ingin berpikir begitu. Tentu saja ada saat-saat di mana saya berharap bisa mendapat lebih banyak kesempatan dan menjadi pria itu,” ungkap Pulisic seperti dilansir TrenAsia dari ESPN.

Disisi lain, keputusan Chelsea menjual Pulisic pada musim ini supaya menyeimbangkan neraca keuangan klub. Pasalnya, pemain Amerika Serikat ini termasuk dalam lima besar pemain The Blues dengan upah tinggi. 

Profil Christian Pulisic

Christian Pulisic lahir 18 September 1998 di Hershey, Pennsylvania. Pulisic memulai karir juniornya bermain untuk klub lokal Pennsylvania Classics. Setelah itu, ia bergabung dengan akademi klub Jerman, Borussia Dortmund. 

Tak butuh lama, ia dengan cepat mmapu naik level hingga ke tim senior. Dirinya melakukan debutnya untuk Dortmund pada Januari 2016, sekaligus jadi pemain Amerika Serikat termuda yang bermain di Bundesliga.

Selama bermain untuk Borussia Dortmund, ia mampu memenangkan DFB-Pokal pada musim 2016-2017 dan finis sebagai runner-up di Liga Champions UEFA pada musim yang sama.

Kemudian, pada Januari 2019, Pulisic bergabung dengan klub Liga Utama Inggris, Chelsea, dengan biaya transfer yang dilaporkan sekitar 58 juta Poundsterling dan menjadi pemain sepak bola Amerika Serikat termahal saat itu. 

Sejak bergabung dengan Chelsea, ia telah menjadi pemain kunci bagi tim dan terlibat dalam kesuksesan The Blues, termasuk memenangkan Liga Champions UEFA pada musim 2020-2021.

Pulisic juga telah mewakili tim nasional Amerika Serikat di berbagai ajang kompetisi. Ia melakukan debutnya untuk tim nasional senior pada tahun 2016 dan sejak itu menjadi salah satu pemain bintang tim. Pulisic telah berpartisipasi dalam turnamen internasional besar seperti Piala Dunia FIFA dan Piala Emas CONCACAF.