Joao Felix dan Joan Laporta Presiden Barcelona
Olahraga

Resmi Gabung Blaugrana, Berapa Gaji Joao Felix di Barcelona?

  • Gabung Barcelona Joao Felix harus potong gaji 50 persen dari 14 juta Euro atau setara Rp232 miliar pertahun di Atletico Madrid.
Olahraga
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA - Secara mengejutkan penyerang Portugal Joao Felix bergabung dengan juara bertahan Liga Spanyol Barcelona pada detik-detik bursa transfer musim panas ditutup alias deadline day pada Jumat 1 September 2023 waktu setempat.

“FC Barcelona dan Atletico Madrid telah mencapai kesepakatan untuk peminjaman Joao Felix hingga 30 Juni 2024. Tidak ada opsi transfer permanen,” demikian pernyataan Barcelona. “Klub mengucapkan terima kasih kepada pemain atas upaya finansial yang dilakukan, dan keinginannya memakai seragam Barca,” dikutip Senin 4 September 2023.

Tak hanya itu, Barcelona juga sukses meminjam rekan senegara Felix, Joao Cancelo dari Manchester City dengan opsi kontrak hingga 30 Juni 2024. Kedua pemain ini didatangkan di tengah ketidakpastian ekonomi yang masih membekap klub asal Kota Catalan itu.

Melansir Mundo Deportivo, alhasil, penyerang 23 tahun itu harus memotong gajinya sebesar 50 persen dari 14 juta Euro atau setara Rp232 miliar pertahun di Atletico Madrid. Artinya, gaji Felix di Barcelona sebesar 7 juta Euro/Rp115 miliar. (Asumsi kurs, Rp16.521 per satu Euro)

Klub Impian Sejak Kecil

Felix yang baru saja menandatangani kontrak jangka panjang dengan Atletico Madrid hingga 2029. Baru-baru ini, merasa kurang senang atas situasinya di klub. Hal itu terpantau dari sikap sang pemain yang bermalas-malasan di bench pemain mau pun saat latihan.

Mengetahui ada tawaran dari Barcelona, Felix tanpa basa-basi mengiyakannnya dan rela memototong gaji demi berseragam klub impiannya semasa kecil. Bahkan, ia berambisi untuk menyumbangkan trofil Liga Champions Erope ke-6 kalinya bagi Blaugrana.

“Saya sangat senang. Ini selalu jadi target saya sejak masih kecil dan main bola. Akhirnya ini terwujud,” kata Felix.

“Sangat senang bisa ada di sini. Memaksimalkan kesempatan, memberikan segalanya untuk klub, dan membantu apa yang dibutuhkan mereka,” lanjut Felix.

“Semoga ini bisa jadi tahun terbaik dalam hidup saya. Tahun yang penuh dengan kemenangan dan gelar juara,” ungkap Felix.

Profil Joao Felix

Melansir Transfermarkt, Joao Felix Sequeira atau Joao Felix lahir di Viseu Portugal, pada 10 November 1999. Felix muda menimba ilmu di akademi Os Pestinhas mulai dari 2007 hingga 2008. Ia kemudian melanjutkan proses belajarnya sebagai pemain sepak bola junior di akademi Porto mulai 2008.

Setelah menimba ilmu di tim akademi Porto selama empat tahun, terhitung mulai dari 2008 hingga 2012, Joao Felix mendapat kesempatan bermain untuk Porto U-15 pada 2012. Pada 2014, Joao Felix direkrut oleh Padroense untuk bermain di skuad U-17 Padroense.

Setelah setahun bersama Padroense U-17, Joao Felix memperkuat Benfica. Ia meniti dari Benfica U-17 pada 2015, Benfica U-19 pada 2016, Benfica B pada 2017, dan skuad utama Benfica pada 2018. Selama empat tahun bersama Benfica segala kelompok usia, Joao Felix tercatat sebanyak 87 pertandingan dengan 34 gol dan 17 assist.

Performa Felix di Benfica membuat dia direkrut oleh Atletico Madrid. Tapi, dia belum mampu memenuhi ekspektasi manajemen Atletico Madrid. Ia tercatat mengemas 34 gol dan 18 assist dari 131 pertandingannya bersama dengan Atletico Madrid.

Sebelum menjalani masa peminjaman ke Barcelona, Joao Felix sempat dipinjam Chelsea. Selama setengah musim membela Chelsea, Joao Felix hanya mencetak sebanyak 4 gol dari 20 pertandingannya.

Sementara di panggung internasional, Felix  dengan cepat mencatatkan caps untuk tim nasional Portugal. Dia menjadi bagian dari skuad yang memenangkan UEFA Nations League 2019, menunjukkan kemampuannya tampil di tingkat global.