<p>Ilustrasi pengisian daya mobil listrik. Sumber: Pinterest</p>
Nasional

Resmi! Hyundai Ioniq 5 Jadi Mobil Listrik Pertama Buatan Indonesia

  • Presiden Joko Widodo (jokowi) meresmikan peluncuran mobil listrik pertama yang dirakit di Indonesia pada RAbu, 16 Maret 2022.
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (jokowi) meresmikan peluncuran mobil listrik pertama yang dirakit di Indonesia pada Rabu, 16 Maret 2022.

Peluncuran mobil listrik Hyundai IONIQ 5 berlangsung di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat sekaligus meresmikan pabrik PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia.

Presiden Joko Widodo mengatakan, Mobil Hyundai IONIQ 5 ini menjadi mobil listrik pertama yang dibuat di Indonesia, yang diproduksi untuk memenuhi pasar Indonesia maupun pasar ekspor.

"Peluncuran mobil listrik ini adalah momen yang ditunggu sebagai bagian dari upaya transisi energi yang dilakukan pemerintah. Kedepannya, kendaraan listrik harus menjadi moda transportasi utama termasuk menjadi transportasi ramah lingkungan," kata Joko Widodo dalam keterangan resmi, Kamis, 17 Maret 2022.

Jokowi melanjutkan, Indonesia harus menjadi pemain penting dalam rantai pasok global di industri mobil listrik. Karena Indonesia memiliki sumber daya mineral yang sangat besar untuk mendukung pengembangan mobil listrik tersebut.

Sumber daya mineral yang dimiliki terdiri dari nikel dan kobalt sebagai material penting untuk baterai litium. Bauksit yang bisa diolah menjadi alumunium dan dapat dimanfaatkan untuk kerangka mobil listrik, serta tembaga yang dibutuhkan baterai dan sistem kabel di mobil listrik.

Oleh karena itu, faktor pendukung untuk wujudkan Indonesia menjadi pemain kunci di industri mobil listrik perlu dibangun ekosistem yang kuat di dalam negeri agar bisa bersaing dengan negara lain.

Serta hilirasi bahan-bahan mentah mineral perlu dilakukan untuk menambah nilai dari suatu produk. Tentunya pemerintah akan terus mendorong peningkatan komponen lokal kendaraan listrik dengan memberikan insentif hingga memangkas berbagai hambatan regulasi.

Tahun ini merupakan momentum penting untuk pengembangan baterai litium di kendaraan listrik. Pada 2024 nantinya mobil-mobil listrik yang diproduksi di Indonesia sudah menggunakan baterai listrik dan komponen-komponen penting lainnya yang diproduksi di Indonesia.

"Saya harapkan mobil listrik Hyundai IONIQ 5 akan menjadi milestone penting dalam pengembangan kendaraan listrik di Indonesia," katanya.