Jeka Saragih
Gaya Hidup

Resmi! Jeka Saragih Jadi Petarung Pertama Indonesia di UFC

  • Jeka Saragih mencatatkan sejarah besar bagi dunia MMA di Indonesia.

Gaya Hidup

Chrisna Chanis Cara

JAKARTA—Jeka Saragih mencatatkan sejarah besar bagi dunia MMA di Indonesia. Petarung 28 tahun ini baru saja mendapatkan kontrak dari UFC, promotor seni bela diri campuran yang berbasis di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat (AS). 

Hal itu membuat dirinya menjadi petarung pertama Indonesia yang akan tampil di ring UFC.

Meski kalah dari Anshul Jubli di laga final kelas ringan Road to UFC di Las Vegas, UFC tetap mengontrak Jeka setelah melihat dua kemenangan KO spektakulernya di laga sebelumnya. Petarung kelahiran Simalungun, Sumatera Utara, itu pun diganjar kontrak lima pertarungan dari UFC pada Kamis 9 Februari 2023. 

Kabar gembira itu diunggah Jeka Saragih dan Mola Sport lewat Instagram. “Jeka Saragih bersama manajernya, Graham Boylan, telah menandatangani kontrak lima pertarungan bersama UFC, membuat Jeka sebagai petarung pertama dari Indonesia di UFC,” demikian pernyataan resmi Mola, dikutip TrenAsia.

Dua kemenangan KO di Road to UFC atas Pawan Maan Singh dan Ki Won Bin menjadi pertimbangan utama UFC memberikan kontrak kepada Jeka. Di ronde ketiga, Jeka menang KO atas Pawan lewat spinning back fist. Jeka semakin memukau lewat kemenangannya atas Ki Won Bin di semifinal. Dia hanya butuh 2 menit 41 untuk menang KO atas lawannya itu. 

“Jeka akan tinggal dan berlatih di AS untuk mempersiapkan debutnya,” lanjut pihak Mola. 

Selain potensi Jeka, ceruk pasar MMA yang besar di Indonesia menjadi pertimbangan UFC mengontrak sang petarung. Sementara itu, Jeka tak bisa menutupi kegembiraannya setelah menjadi petarung pertama Indonesia di UFC. Dia berharap warga Indonesia terus mendukung kiprahnya.

“Untuk masyarakat Indonesia, khususnya Sumatera Utara, Siantar, Simalungun, mohon doa dan dukungannya untuk pertarungan saya nanti di UFC. Horas!” ujar Jeka.