Presiden Joko Widodo memberikan sambutan dalam untuk The Access to COVID-19 Tools Accelerator (ACT-A) di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu, 9 Februari 2022.
Nasional

Resmi! Jokowi Lantik 3 Menteri dan 1 Wamen, Ada Loyalis Prabowo

  • Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melakukan reshuffle kabinet menjelang jabatannya berakhir dua bulan lagi. Ada tiga menteri, satu wakil menteri (wamen), Kepala Badan Gizi Nasional, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dan Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan di Istana Negara, Jakarta, Senin, 19 Agustus 2024.

Nasional

Chrisna Chanis Cara

JOKOWI—Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melakukan reshuffle kabinet menjelang jabatannya berakhir dua bulan lagi. Ada tiga menteri, satu wakil menteri (wamen), Kepala Badan Gizi Nasional, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), dan Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan di Istana Negara, Jakarta, Senin, 19 Agustus 2024.  

“Bahwa saya akan setia kepada Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ucap Jokowi yang diulangi oleh seluruh pejabat yang dilantik. 

Politikus Gerindra Supratman Andi Agtas didaulat sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) menggantikan Yasonna Laoly. Sementara Bahlil Lahadalia dilantik sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggantikan Arifin Tasrif. Sebelumnya Bahlil adalah Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal. 

Baca Juga: Reshuffle di Ujung Kekuasaan Coreng Reputasi Jokowi

Posisi Bahlil digantikan Rosan Roeslani, eks Wakil Menteri BUMN sekaligus Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Muncul pula nama loyalis Prabowo yakni Angga Raka Prabowo yang dilantik sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika. 

Angga merupakan politikus Gerindra yang juga pernah menjadi Ketua Bidang Komunikasi atau Direktur Media Kampanye Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Sementara itu, Dadan Hindayana ditunjuk sebagai Kepala Badan Gizi Nasional. Dadan merupakan guru besar Institut Pertanian Bogor. 

Sedangkan Rizka Andalusia didaulat sebagai Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Sebelumnya, Rizka telah menjabat sebagai Plt Kepala BPOM. Yang tak kalah menarik, ada nama Hasan Nasbi sebagai Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan. 

Dukung Transisi Pemerintahan

Hasan adalah pengamat politik sekaligus pendiri Lembaga Survei Cyrus Network. Dia juga pernah menjadi anggota Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Pemerintahan pasangan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih RI Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. 

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, mengatakan pengangkatan menteri, wakil menteri dan kepala badan diperlukan sudah direncanakan dengan baik oleh Presiden.  

“Pengangkatan Menteri, Wakil Menteri dan Kepala Badan diperlukan untuk mempersiapkan dan mendukung transisi pemerintahan agar berjalan dengan baik, lancar dan efektif,” ujar Ari.