Ponsel, iPhone, smartphone, stres, depresi
Tekno

Resmi Rilis, Aplikasi ChatGPT untuk iPhone Dilaporkan Kuras Baterai dan Bikin HP Panas

  • Baru-baru ini para pengguna di India justru melaporkan bahwa aplikasi ChatGPT menyebabkan ponsel iPhone mereka jadi terlalu panas bahkan menguras masa pakai baterai.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - OpenAI baru-baru ini meluncurkan aplikasi ChatGPT untuk iOS atau iPhone. Bagi Anda yang menggunakan iPhone, aplikasi ChatGPT bisa langsung Anda unduh secara gratis di App Store.

Aplikasi ChatGPT juga dapat Anda gunakan di iPhone dan iPad. Seperti yang Anda ketahui, aplikasi ini bekerja dengan chatbot berbasis AI generatif yang mampu menggunakan input suara melalui sistem pengenalan suara milik OpenAI, Whisper.

Tidak hanya itu, aplikasi ChatGPT juga mampu menampilkan sinkronisasi riwayat obrolan yang sudah dilakukan melalui web. Hal ini tentu memudahkan pengguna untuk melanjutkan percakapan di seluruh perangkat.

Akan tetapi, baru-baru ini para pengguna di India justru melaporkan bahwa aplikasi ChatGPT menyebabkan ponsel iPhone mereka jadi terlalu panas bahkan menguras masa pakai baterai.

Meski begitu, masih tidak jelas apa yang menimbulkan masalah tersebut. Diduga, penggunaan input suara oleh aplikasi dan sistem pengenalan suara OpenAI yaitu Whisper yang dapat menjadi faktor penyebabnya.

Selain itu, diduga hal ini disebabkan karena kompatibilitas aplikasi dengan model iPhone lama yang mungkin dapat menimbulkan masalah tersebut. Aplikasi ChatGPT diketahui memiliki batasan untuk ponsel yang menggunakan sistem operasi iOS 16.1. Hal ini berarti aplikasi ChatGPT tersebut kompatibel untuk iPhone 8 atau model perangkat keras yang lebih baru.

Aplikasi ini juga mencatat kesuksesan besar setelah diluncurkan. Diketahui aplikasi ChatGPT dari OpenAI telah memiliki lebih dari setengah juta unduhan dalam enam hari setelah tersedia di Amerika Serikat. Bahkan, aplikasi ChatGPT mampu mengungguli aplikasi AI dan chatbot lainnya seperti aplikasi Microsoft Edge dan Bing.