Antony Taylor Wasit Kontroversial Sering Acuhkan VAR.
Olahraga

Resmi, Timnas Indonesia Bakal Jajal Teknologi VAR di Piala Asia 2024 Qatar

  • Konfederasi Sepak Bola Asia atau AFC resmi mengumumkan ajang Piala Asia 2024 Qatar bakal menggunakan Video Assistant Referre (VAR).
Olahraga
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA – Konfederasi Sepak Bola Asia atau AFC resmi mengumumkan ajang Piala Asia 2024 Qatar bakal menggunakan Video Assistant Referre (VAR). Teknologi itu yang membantu pengadil lapangan membuat keputuasan akan dipakai pada semua pertandingan. 

Piala Asia 2024 Qatar yang juga akan diikuti oleh Timnas Indonesia setelah terakhir kali ikut serta pada 2007. Garuda masuk Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam. Artinya, anak asuh Shin Tae-yong bakal merasakan teknologi VAR untuk pertama kalinya sepanjang sejarah. 

"Sejarah akan tercipta ketika sistem Video Assistant Referee (VAR) akan melakoni debut penuhnya di Qatar setelah kesuksesan implementasi teknologi ini sejak perempat final (Piala Asia 2019) di Uni Emirat Arab," tulis keterangan resmi AFC dikutip Kamis 14 September 2023. 

Sebagai informasi, sebelumnya teknologi VAR pernah digunakan pada ajang Piala Asia 2019 Uni Emirat Arab. Berhubung masih uji coba, teknologi ini hanya diimplementasikan pada babak perempat final hingga final. Saat itu belum banyak wasit AFC yang punya lisensi untuk menjalankan VAR.

Setelah sukses uji coba dan dianggap berhasil, kini AFC akan menerapkan VAR di Piala Asia 2024 Qatar untuk semua laga. Hal itu juga berbanding lurus dengan jumlah wasit berlisensi yang semakin banyak dibanding edisi sebelumnya.

"Dengan waktu yang kurang dari empat bulan lagi menuju Piala Asia 2023 di Qatar, akan ada jumlah match official terbanyak sejumlah 74 orang untuk memimpin laga (Piala Asia 2023) yang dijadwalkan pada 12 Januari - 10 Februari 2024,” tambah keterangan AFC. 

Perlu diketahui total 74 pertandingan Piala Asia Qatar 2024 akan dipimpin oleh sejumlah wasit berlisensi FIFA, antara lain terdiri 35 wasit utama dan 39 asisten wasit yang diambil dari 18 anggota asosiasi AFC. 

Pemilihan perankat pertandingan tersebut didasarkan oleh skill, kompetensi, pengetahuan teknikal, kebugaran fisik, dan juga pengalaman memimpin laga-laga besar di level kontinental dan dunia dalam beberapa tahun terakhir.

"Wasit paling berpengalaman Alireza Faghani juga akan memimpin Piala Asia untuk kali ketiga, juga dengan wasit asal Qatar Abdulrahman Al-Jassim, yang memimpin laga perebutan posisi ketiga antara Kroasia dan Maroko di Piala Dunia 2022," tulis AFC.

Tak hanya itu, untuk pertama kalinya juga, wasit perempuan juga akan melakoni debutnya di ajang paling prestius (di Asia) yakni Yoshimi Yamashita dari Jepang, merupakan salah satu dari total enam wanita yang sebelumnya mengukir sejarah di Piala Dunia 2022 Qatar