Nasional

Resmikan Kawasan Pantai Bebas Parapat, Ini Harapan Presiden Jokowi

  • Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja meresmikan penataan kawasan Pantai Bebas Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara pada Rabu, 2 Februari 2022.
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja meresmikan penataan kawasan Pantai Bebas Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara pada Rabu, 2 Februari 2022.

Dengan diresmikannya penataan kawasan Pantai Bebas Parapat, Presiden Jokowi berharap dilaksanakannya kegiatan-kegiatan yang mendukung industri kreatif guna membangun peekonomian Sumatra Utara. 

Presiden Joko Widodo mengatakan hingga saat ini di kawasan Pantai Bebas Parapat sudah dibangun beberapa fasilitas untuk menyajikan pertunjukan seni budaya hingga menara pandang untuk bisa dinikmati masyarakat atau wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba.

“Sebelumnya tidak ada tempat untuk pertunjukan seni budaya, dan sekarang sudah ada amfiteaternya. Sekaligus ada tempat untuk wisawatan melihat secara keseluruhan Danau Toba dari menara,” kata Presiden Joko Widodo dalam keterangan resmi, Rabu, 2 Februari 2022.

Dalam pekerjaan ini meliputi penataan Kawasan Pantai Bebas Parapat, penataan RTP Parapat, dan pembangunan gerbang kawasan. Pekerjaan pada kawasan ini menghabiskan dana sebesar Rp84,1 miliar dengan luas total 10.000 meter persegi (m2).

Diharapkan, kedepannya Kawasan Pantai Bebas Parapat dapat meningkatkan daya tarik dari turis domestik hingga internasional untuk menikmati keindahan Danau Toba yang merupakan salah satu destinasi super prioritas.

Peresmian penataan Kawasan Pantai Bebas Parapat menjadi salah satu rangkaian kunjungan kerja Presiden Joko Widodo di Sumatera Utara. Sebelumnya Jokowi juga meresmikan pelabuhan penyeberangan dan jalan Bypass Balige.