Ketua Hipmi Solo periode 2023-2026, Respati Ardi
Komunitas

Respati Ardi, Ketua Baru Hipmi Solo yang Gagas Legalitas Gratis Bagi Usaha Rintisan

  • Respati Ardi resmi terpilih sebagai Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Solo periode 2023-2026.
Komunitas
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

SOLO—Respati Ardi resmi terpilih sebagai Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Solo periode 2023-2026. Direktur PT Limaraya Sejahtera Energi ini mengungguli dua kandidat lain yakni Astrid Widayani dan Rosanto Adi dalam pemungutan suara Muscab IX Hipmi Solo di The Sunan Hotel, akhir pekan lalu. 

Dalam pemungutan suara, Respati sukses mengantongi 78 suara, jauh mengungguli Rosanto Adi (29 suara) dan Astrid Widayani (20 suara). Terpilihnya Respati Ardi sebagai nakhoda baru Hipmi Solo bisa dibilang bukan hal mengejutkan. Ini mengacu rekam jejaknya yang cukup komplet di organisasi pengusaha tersebut. 

Pengusaha 34 tahun ini sebelumnya pernah menjadi Wakil Ketua Bidang Organisasi, Keanggotaan dan Kaderisasi Hipmi Solo pada periode 2019-2022. Jebolan Pendidikan Magister (S2) di Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogja itu juga pernah menjabat Wakil Ketua Bidang Ekonomi, Keuangan dan Perbankan pada periode 2017 – 2019.

Pengalamannya di dunia usaha pun mumpuni meski baru berusia kepala tiga. Selain menjadi bos di PT Limaraya Sejahtera Energi, Respati memiliki pengalaman menjadi direktur di PT Putrojoyo-RM Tojoyo 3 Jogja, PT Mas Fogger Indonesia dan PT Tiara Ardi Pratama. 

Lulusan Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret (UNS) itu juga berkiprah sebagai Notaris PPAT Sukoharjo, dan Partner A.M Oktarina Counsellors at Law, Jakarta.  

Lelaki yang bergabung dengan Hipmi sejak 2011 ini punya sejumlah inovasi yang bakal diimplemetasikan di kepengurusan terbaru. Salah satu gagasannya yakni memberikan legalitas badan usaha gratis (PT/CV) setiap bulan bagi usaha rintisan binaan Hipmi Solo. 

Inovasi lain yakni memberikan konsultasi wirausaha, perpajakan hingga keuangan melalui halohipmi.com. Program tersebut diharapkan menunjang visinya yakni mewujudkan iklim wirausaha yang kreatif dan inklusif bagi pengusaha muda di Solo.