Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Aritedjo (Dok/Kemenpora)
Nasional

Respons Dito Ariotedjo Usai Disebut Terima Rp27 M dalam Kasus BTS

  • Komisaris PT Solitech Media Sinergy Irwan Hermawan yang menjadi saksi mahkota dalam perkara tersebut mengaku memberikan uang Rp27 miliar kepada seorang bernama Dito.

Nasional

Khafidz Abdulah Budianto

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo memberikan respons usai namanya kembali dalam persidangan terkait kasus dugaan korupsi BTS di Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo). 

Seorang saksi mahkota menyebut Dito menerima uang Rp27 miliar dalam kasus tersebut. Dito tidak menjawab langsung tudingan tersebut. Namun kader Partai Golkar itu berjanji kooperatif dalam pengusutan kasus korupsi BTS.  

Dia juga menghormati proses formil yang dilakukan Kejaksaan Agung (Kejagung). “Ya semua proses formil sudah saya jalankan. Kami kan enggak pernah tidak ikut, pasti ikut karena kita yakin juga (tidak bersalah),” ujar Menpora usai mengikuti upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Minggu 1 Oktober 2023.

Menpora juga telah diperiksa sekaligus memberikan klarifikasi dan keterangan pada Juli 2023 lalu. “Kan saya juga udah diperiksa pada Juli udah klarifikasi dan memberikan keterangan,” ujar Dito. Menpora mengungkapkan bahwa semua hal terdapat risiko yang harus dihadapi. 

Komisaris PT Solitech Media Sinergy Irwan Hermawan yang menjadi saksi mahkota dalam perkara tersebut mengaku memberikan uang Rp27 miliar kepada seorang bernama Dito. Uang itu dikeluarkan untuk menutup kasus tersebut. 

Terkait nama Dito, Irwan mengaku sempat bertemu dan bersalaman meskipun tidak berkomunikasi pada saat itu. Hakim kemudian menanyakan kembali soal Dito yang dimaksud oleh Irwan. 

Hakim bertanya mengenai postur tubuh dari orang yang dimaksud apakah tinggi besar dan hal itu dibenarkan oleh Irwan. “Tinggi besar,” ujar Irwan dalam sidang yang digelar di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, Selasa 26 September 2023.

Kemudian Hakim bertanya lagi untuk menegaskan dengan mengatakan apakah yang dimaksud itu Dito yang menjadi Menpora sekarang. Irwan kemudian menjawab dengan mengiyakan pertanyaan tersebut. Terkait penggunaan uang tersebut Irwan menyebut untuk menyelesaikan kasus. “Untuk penyelesaian kasus Yang Mulia,” ujar Irwan.

Dalam pemberian uang tersebut, Irwan mengaku jika uang puluhan miliar itu dititipkan melalui seseorang bernama Resi dan Windi untuk diberikan ke Dito. Lantas Hakim menanyainya kembali soal nama Dito sebab banyak ada banyak macam nama Dito. “Belakangan saya ketahui, Dito Ariotedjo,” ujar Irwan menjawab pertanyaan Hakim.

Meski demikian, Menpora Dito Ariotedjo membatah adanya dugaan aliran uang kepadanya. Dirinya mengaku tidak tahu menahu soal pengembalian uang senilai Rp27 miliar ke Kejagung yang dilakukan oleh Maqdir Ismail, pengacara dari Irwan Hermawan. Dirinya juga mengaku jika tidak kenal dan tidak pernah bertemu dengan Irwan Hermawan selaku terdakwa dalam kasus korupsi BTS tersebut.