SUM 41.
Gaya Hidup

Respons Getir SUM 41 Soal Pembatalan Konser di Jakarta

  • SUM 41 kecewa berat dengan batalnya konser mereka dalam ajang Gudfest 2023 di Jakarta, 19 Maret 2023.
Gaya Hidup
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—SUM 41 kecewa berat dengan batalnya konser mereka dalam ajang Gudfest 2023 di Jakarta, 19 Maret 2023. Band punk rock asal Amerika Serikat (AS) itu menyebut promotor gagal memenuhi perjanjian kontrak yang membuat konser urung terlaksana.  

Hal itu disampaikan SUM 41 dalam pernyataan resminya di Facebook SUM 41, Rabu 15 Maret 2023. Mereka mengaku sedih harus mengumumkan pembatalan konser di Stadion Soemantri Brodjonegoro akhir pekan ini. 

“Sedih luar biasa kami tak bisa bermain di Gudfest. Promotor gagal memenuhi kesepakatan kontrak finansial, membuat kami mustahil untuk berada di sana (Jakarta),” demikian pernyataan SUM 41. 

Deryck Whibley cs. mengaku telah menyiapkan pertunjukan terbaiknya untuk para fans. Apalagi itu bakal menjadi konser perdana mereka di Indonesia dalam satu dekade terakhir. Kali terakhir pelantun Fat Lip itu manggung di Tanah Air pada 10 April 2012. “Tapi promotor merenggut kesempatan itu. Atas alasan ini, kami memutuskan untuk tidak melibatkan diri dalam festival (Gudfest 2023),” lanjut SUM 41. 

Pihak band menyatakan keputusan menarik diri dari konser bukanlah hal yang mudah. SUM 41 berterima kasih atas pengertian para fans. “Semoga kita dapat segera bertemu secepatnya.” 

Sehari sebelumnya, Selasa 14 Maret 2023, promotor Gudfest, Gudlive, mengumumkan pembatalan event musik tersebut. Mereka mengklaim kebijakan tersebut berkaitan dengan isu yang berkembang terkait lambatnya proses refund Gudfest 2022.

Sebagai informasi, Gudfest 2022 yang sedianya dihelat pada 18-20 November 2022 di Gelora Bung Karno Area mendadak dibatalkan lima hari jelang acara. Event tersebut ditunda hingga Maret 2023 dengan perubahan headliner konser. Panitia menjanjikan proses refund bakal diselesaikan maksimal 27 Februari 2023. Namun hingga kini masih banyak pembeli tiket Gudfest 2022 yang belum menerima uangnya kembali. 

Belakangan panitia Gudfest memperpanjang proses refund hingga 60 hari kerja dan menawarkan kompensasi berupa tiket Gudfest 2023. Ini membuat para pembeli tiket ngamuk dan protes keras di Instagram Gudfest. Hal itu kemudian membuat panitia Gudfest 2023 membatalkan acara secara mendadak demi keamanan. 

Dalam pernyataannya, penyelenggara menduga ada ancaman mobilisasi massa ke Gudfest 2023 yang dikhawatirkan mengganggu jalannya event. “Permohonan maaf sebesar-besarnya dari kami atas segala hal yang terjadi. Sebagai promotor, kami tidak bermaksud menjadikan semua ini sebagai lelucon. Kami hanya berusaha mencegah upaya pihak-pihak yang diduga ingin mengambil tindakan berlebihan di acara kami,” kata Gudlive.