Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka saat meninjau ujicoba program makan siang gratis di SDN 4 Kota Tangerang, Senin 5 Agustus 2024. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Nasional

Respons Gibran Soal Relasi dengan Shopee dan Jet Pribadi

  • Relasi antara Shopee dengan keluarga Presiden Joko Widodo belakangan ramai dikulik. Hal itu setelah warganet menemukan bahwa jet pribadi yang digunakan adik Gibran, Kaesang Pangarep, dan Erina Gudono adalah Gulfstream G650ER dengan nomor registrasi N588SE.

Nasional

Chrisna Chanis Cara

SOLO—Wakil Presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka, angkat bicara soal dugaan kedekatan keluarganya dengan Shopee. Gibran mengklaim rangkaian kerja sama yang diteken dengan Shopee bersifat profesional. 

Relasi antara Shopee dengan keluarga Presiden Joko Widodo belakangan ramai dikulik. Hal itu setelah warganet menemukan bahwa jet pribadi yang digunakan adik Gibran, Kaesang Pangarep, dan Erina Gudono adalah Gulfstream G650ER dengan nomor registrasi N588SE. 

Jet dengan nomor registrasi itu tak lain adalah milik Garena Online (Private) Ltd, sebuah unit usaha dari Sea Group. Shopee sendiri juga menjadi salah satu unit usaha Sea. Korporasi besar ini dimiliki Gang Ye, salah satu konglomerat terkemuka di Singapura.

Gibran membantah adiknya menikmati fasilitas jet pribadi sebagai bentuk gratifikasi dari Shopee. “Enggak ada kayak gitu. Ngawur,” ujar Gibran usai mendampingi blusukan calon wali kota-wakil wali kota Solo, Respati Ardi-Astrid Widayani, di Solo, Selasa, 10 September 2024.

Gibran juga membantah deretan program dan investasi Shopee di Solo saat dia menjabat wali kota berkaitan dengan gratifikasi. Sebagai informasi, Shopee membangun kantor, kampus UMKM, ruang kreasi dan inovasi hingga memfasilitasi UMKM Solo promosi di Paris selama Gibran menjabat Wali Kota Solo. 

Perjanjian Profesional

Menurut Gibran, perjanjian yang melibatkan Shopee merupakan perjanjian profesional yang melibatkan Pemkot Solo. “MOU-nya (nota kesepakatan) profesional antara Pemkot, Shopee dan pihak terkait seperti Solo Techno Park. 

”Jadi nggak ada yang kayak gitu, kami profesional,” jelas Gibran. Disinggung soal jet pribadi yang digunakan Kaesang dan istri ke Amerika Serikat, Gibran enggan menjawab. “Tanya Kaesang,” ujarnya singkat. 

Di sisi lain, peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW), Kurnia Ramadhana, menilai penggunaan jet pribadi oleh Kaesang sepatutnya diusut lewat dugaan gratifikasi terhadap para penyelenggara negara di lingkaran keluarga Kaesang.

Kaesang diketahui merupakan putra bungsu Presiden Joko Widodo sekaligus adik wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka. “Dugaan gratifikasi harus ditelusuri terkait penyelenggara negara yang ada di sekitar Kaesang. Itu enggak bisa dilepaskan, keluarga Kaesang dipenuhi penyelenggara negara,” kata Kurnia dalam acara Political Show CNN Indonesia, Senin, 9 September 2024 malam. 

Baca Juga: Deretan Proyek Shopee di Solo Saat Gibran Menjabat Wali Kota

Dia juga menyoroti konflik kepentingan terkait penggunaan jet pribadi oleh Kaesang. Kurnia menilai mestinya Kaesang peka dengan kondisi semacam itu. “Apakah jika Kaesang bukan anak Jokowi kemudian orang itu akan ajak Kaesang? Pembuktiannya ada di aparat penegak hukum,” tuturnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, Shopee terbilang aktif mengembangkan operasional perusahaannya di Solo atau ‘Kota Budaya’ tersebut. Sebagai buktinya, perusahaan itu merekrut lebih dari 1.000 karyawan, menyerap tenaga kerja lokal. 

Dalam dialog bertajuk ‘Pengetatan Kemardikan Indonesia 2024’ yang diselenggarakan di Candi Ratna Pura Mangunegaran, Kota Solo, Jumat, 26 Juli 2024, Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Christin Djuarto mengatakan, Kota Solo memiliki daya tarik tersendiri.

“Pertama, Solo memiliki talenta digital yang berkualitas dan berkarakter, yang mendukung kinerja perusahaan di mata konsumen. Selain itu, dari segi infrastruktur, ekosistem digital di Solo sudah sangat mendukung operasional Shopee selama ini,” katanya.