<p>Ojek online Grab. / Facebook @GrabID</p>
Nasional

Respons Grab Soal Unjuk Rasa Ojol Protes Ketidakadilan Aplikator

  • Tirza juga menegaskan bahwa tarif layanan pengantaran Grab telah dihitung secara saksama dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, termasuk Pasal 3 Permenkominfo No. 1/Per/M.Kominfo/01/2012 tentang Formula Tarif Layanan Pos Komersial.

Nasional

Idham Nur Indrajaya

JAKARTA - Grab Indonesia mengeluarkan pernyataan terkait dengan aksi ojek online (ojol) yang menginisiasi aksi unjuk rasa dengan membawa tuntutan terhadap aplikator yang dirasa oleh para mitra driver tidak adil dalam menjalin hubungan kemitraan. 

Tirza Munusamy, Chief of Public Affairs Grab Indonesia, menyatakan bahwa Grab selalu menghargai hak Mitra Pengemudi untuk menyuarakan pendapat dan aspirasinya, asalkan dilakukan dengan tertib, damai, dan sesuai dengan peraturan yang berlaku. 

“Kami menyediakan wadah bagi Mitra untuk mengemukakan pendapat dan masukan melalui berbagai saluran komunikasi, termasuk layanan Grab Support dan kegiatan tatap muka antara perwakilan Grab dengan komunitas Mitra Pengemudi yang dilaksanakan secara berkala,” jelas Tirza melalui pernyataan tertulis yang diterima TrenAsia, dikutip Kamis, 29 Agustus 2024.

Tarif Layanan Grab Sesuai Aturan Pemerintah

Tirza juga menegaskan bahwa tarif layanan pengantaran Grab telah dihitung secara saksama dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, termasuk Pasal 3 Permenkominfo No. 1/Per/M.Kominfo/01/2012 tentang Formula Tarif Layanan Pos Komersial. 

“Tarif ini dirancang untuk menjaga pendapatan Mitra Pengemudi serta kestabilan permintaan pasar terhadap layanan Grab,” ujarnya. 

Klarifikasi Soal Diskon Konsumen

Terkait isu pemotongan pendapatan Mitra Pengemudi untuk alokasi diskon bagi konsumen, Tirza memberikan klarifikasi tegas. 

“Grab Indonesia tidak pernah memotong pendapatan Mitra Pengemudi untuk dialokasikan sebagai diskon bagi konsumen. Seluruh biaya promosi yang Grab gunakan berasal dari perusahaan dan dirancang untuk membantu meningkatkan permintaan dari konsumen, yang pada akhirnya diharapkan dapat memengaruhi pendapatan para Mitra Pengemudi secara positif,” jelasnya.

Baca Juga: Ada Demo Ojol, GOTO Pimpin LQ45 Pagi Ini

Perlindungan dan Manfaat Bagi Mitra Pengemudi

Grab Indonesia juga terus berkomitmen dalam memberikan akses perlindungan dan manfaat kerja bagi Mitra Pengemudi. Tirza menjelaskan bahwa Grab menyediakan berbagai jenis asuransi untuk Mitra, termasuk Asuransi Kecelakaan yang bekerja sama dengan PT. MNC Asuransi Indonesia. 

Asuransi ini berlaku saat Mitra melaksanakan pekerjaan di platform Grab, termasuk jika terjadi kecelakaan atau Mitra menjadi korban tindak kekerasan kriminal. 

Selain itu, Grab juga menyediakan Asuransi Kesehatan bekerja sama dengan Allianz, yang menawarkan perlindungan kesehatan terjangkau bagi Mitra, mencakup rawat inap, rawat jalan, dan perawatan gigi.

Tak hanya itu, Grab juga dikatakan Tirza telah memberikan fasilitas pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan untuk Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) yang dapat diakses langsung dari aplikasi Mitra Grab. 

“Kami selalu berupaya memberikan yang terbaik bagi Mitra Pengemudi, termasuk dalam aspek perlindungan dan keamanan mereka saat bekerja,” kata Tirza.

Pelatihan dan Manfaat Lainnya

Selain perlindungan asuransi, Grab juga menyelenggarakan Pelatihan Keselamatan untuk Mitra Grab (PAKEM) secara rutin. Pelatihan ini mencakup topik kualitas pelayanan, anti kekerasan seksual, dan keamanan berkendara. 

Grab juga menyediakan ratusan variasi materi pelatihan online melalui Grab Academy yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan kualitas kerja Mitra Pengemudi.

Sebagai tambahan, Grab menyediakan manfaat GrabBenefits yang bertujuan untuk membantu kebutuhan hidup dan meringankan biaya operasional Mitra Pengemudi. 

Melalui kerjasama dengan berbagai partner bisnis, Grab menawarkan berbagai paket dengan harga khusus, mulai dari sembako, makanan dan minuman, hingga proteksi kesehatan dan hiburan. Grab juga menyediakan potongan harga untuk kebutuhan seperti paket data, optik, potong rambut, aksesori handphone, hingga asuransi.

"Kami berpegang teguh pada praktik bisnis yang baik dan selalu berupaya untuk memberikan manfaat maksimal bagi Mitra Pengemudi kami," tutup Tirza.