PT PLN (Persero) menerima penghargaan TrenAsia ESG Award 2023 di acara Awarding Night TrenAsia ESG Awardi di Hotel Raffles Jakarta, Rabu, 30 Agustus 2023.
Korporasi

Respons Isu 3P dengan Tepat, PLN Raih Penghargaan TrenAsia ESG Award 2023

  • Penghargaan TrenAsia ESG Award 2023 kategori BUMN (SOE) dengan predikat Action dianugerahkan kepada PLN atas komitmen perseroan dalam menerapkan prinsip lingkungan, sosial, dan tata kelola (environmental, social, and governance/ESG).
Korporasi
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara/PLN (Persero) meraih penghargaan di ajang TrenAsia ESG Award 2023 atas responnya yang tepat terhadap isu 3P (profit, planet, and people).

Penghargaan TrenAsia ESG Award 2023 kategori BUMN (SOE) dengan predikat Action dianugerahkan kepada PLN atas komitmen perseroan dalam menerapkan prinsip lingkungan, sosial, dan tata kelola (environmental, social, and governance/ESG).

Trofi penghargaan diberikan kepada PT PLN (Persero) dalam acara Awarding Night TrenAsia ESG Award 2023 yang diselenggarakan di Hotel Raffles Jakarta, Rabu, 30 Agustus 2023.

PLN merespons isu 3P (Profit, Planet, dan People) dan perubahan iklim dengan mengusung inisiatif strategis yaitu menghadirkan energi ramah lingkungan (Green), model dan layanan bisnis yang inovatif (innovative), kualitas dan layanan kelas dunia (Customer Focused), dan penyedia listrik yang lincah, andal, dan kompetitif untuk pelanggan rumah tangga, bisnis, dan industri (Lean).

Sebagai perusahaan yang bergerak di industri energi, PLN berkomitmen untuk menerapkan ESG dalam menjalankan bisnis perusahaan yang berkelanjutan dan mendukung ketahanan energi nasional.

Kebijakan tersebut diterapkan dalam operasional PLN, di mana saat ini PLN mulai bertransisi menjadi perusahaan yang lebih green dan bertanggung jawab. Transisi PLN dapat dilihat pada berbagai aspek, seperti aspek investasi dimana program investasi PLN dilakukan berdasarkan prinsip sustainable investment yang memerhatikan aspek lingkungan dan sosial.

Program investasi PLN dilakukan pada pembangkit listrik energi baru terbarukan, dan program keberlanjutan lainnya. Selain itu, PLN juga tengah mendorong penerapan keuangan berkelanjutan atau sustainable finance. Keberhasilan penerapan keberlanjutan di Perseroan tentu tak lepas dari sistem tata kelola perusahaan yang efektif.

PLN Group memberlakukan sistem tata kelola dengan baik yang mampu melakukan pendekatan lingkungan dan sosial yang berorientasi pada kepentingan umum. Oleh sebab itu, strategi ESG harus disematkan dalam budaya, manajemen risiko, dan pengaturan pengendalian operasional perusahaan.

Direktur Utama PT Tren Media Berjejaring Sukirno mengatakan TrenAsia ESG Award yang memasuki tahun kedua ini hadir untuk merekam jejak perusahaan-perusahaan yang telah menerapkan prinsip ESG dalam bisnisnya. Ajang penghargaan ini diharapkan menjadi penyemangat bagi pelaku bisnis bahwa upaya-upaya perusahaan menjaga keberlanjutan akan terus diingat oleh masyarakat, konsumen, dan pemangku kepentingan.

“TrenAsia ESG Award 2023 memberikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap perusahaan yang telah menjalankan bisnis dengan tetap memperhatikan aspek lingkungan, menjalankan fungsi tanggung jawab sosial, serta memiliki tata keuangan yang baik,” kata Sukirno di Raffles Jakarta, pada Rabu, 30 Agustus 2023.

Ketua Dewan Juri TrenAsia ESG Award Mas Achmad Daniri mengungkapkan Aspek ESG telah menjadi topik yang sangat penting di berbagai kalangan, baik pelaku usaha, pemerintah, maupun investor. Bukan hanya di tingkat global, kesadaran masyarakat Indonesia akan ESG ini semakin tajam.

Daniri meyakini bahwa dengan praktik ESG, perusahaan bukan hanya bisa mengejar laba dan imbal hasil besar, tapi fokus bagaimana keuntungan tersebut memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat.  Hal ini pun terbukti dari perusahaan-perusahaan yang telah mengedepankan ESG, lebih tahan banting dan mampu memberikan hasil investasi yang berkelanjutan.

“Perusahaan dinilai bukan hanya berdasarkan kinerja keuangan dan program-program tahunan, namun komitmen dan konsistensinya terhadap bisnis berkelanjutan. Dalam proses penilaian, Dewan Juri TrenAsia ESG Award menemukan banyak fakta menarik dari beragam inisiatif dan implementasi ESG yang telah dilakukan perusahaan, baik dalam laporan maupun fakta di lapangan,” ujar Daniri.