Bintang Argentina, Lionel Messi (tengah), Angel Di Maria (kanan) dan Nicolas Otamendi merayakan trofi Piala Dunia 2022 di Qatar.
Nasional

Respons PSSI Soal Kehadiran Lionel Messi di Jakarta

  • PSSI angkat bicara soal peluang hadirnya Lionel Messi dalam laga uji coba antara Timnas Argentina melawan Indonesia di Jakarta, 19 Juni 2023.
Nasional
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—PSSI angkat bicara soal peluang hadirnya Lionel Messi dalam laga uji coba antara Timnas Argentina melawan Indonesia di Jakarta, 19 Juni 2023. Bintang Tim Tango itu sebelumnya disebut berpeluang besar tampil di laga berlabel FIFA Matchday tersebut. 

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengaku tak bisa memastikan apakah Messi bakal menjadi bagian skuat Argentina yang diboyong ke Indonesia. Menurut Erick, kepastian kedatangan peraih tujuh Ballon d’Or itu berada di tengan Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA). “Kalau soal pemain bintang Argentina, saya serahkan pada AFA dan tim Argentina sendiri,” ujar Erick di Jakarta, Rabu 24 Mei 2023.

Namun demikian, Erick meyakini Argentina bakal membawa skuat terbaiknya saat bertandang di Jakarta. Selain Messi, La Albiceleste memiliki deretan pemain papan atas seperti Lautaro Martinez, Angel Di Maria, Julian Alvarez, Emiliano Martinez hingga Alexis Mac Allister. “Saya percaya Argentina akan menyiapkan tim terbaiknya,” ujar Erick. 

Kehadiran Lionel Messi memang menjadi salah satu yang dinanti dalam rombongan Argentina. Selain kali pertama menginjakkan kaki di Tanah Air, sihir pemain berjuluk La Pulga itu di lapangan hijau bakal menjadi daya tarik bagi fans maupun penggawa Timnas. 

Publik bola Indonesia boleh berharap menyaksikan bintang Paris Saint-Germain (PSG) itu dari dekat. Hal ini setelah Messi resmi menjadi salah satu pemain yang diboyong Pelatih Lionel Scaloni dalam turnya di Asia. Dikutip dari Reuters, Messi dipastikan bakal memimpin Argentina dalam uji coba melawan Australia di Beijing, China, 15 Juni 2023. 

Peluang Besar

Dengan demikian, mantan bintang Barcelona itu otomatis bakal ikut ke Jakarta asal tidak cedera atau ada halangan penting lain. Sejumlah laporan dari Argentina juga meyakini deretan pemain papan atas seperti Messi tetap akan dibawa dalam laga uji coba di Asia. 

Jurnalis Argentina, Gaston Edul, menyebut jadwal Argentina melawan Indonesia pada Juni digelar setelah kompetisi liga maupun Liga Champions berakhir. Artinya, para pemain dapat memanfaatkan momen uji coba sekaligus untuk berlibur. “Di momen itulah para pemain akan pergi ke negara tujuan (uji coba),” cuit Edul di akun Twitternya. 

Peluang Messi tampil di laga melawan Indonesia bertambah apabila melihat uji coba Argentina sebelumnya melawan tim sekelas Curacao, Maret 2023. Di laga tersebut, Messi tampil sebagai starter bersama bintang Argentina lain seperti Emiliano Martinez dan Enzo Fernandez. Messi bahkan menjadi ssatu dari lima pemain Argentina yang tampil 90 menit.