<p>Tampak Logo APL di area komplek Agung Podomoro Land, Jakarta. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Industri

Restrukturisasi Tuntas, Fitch Naikkan Peringkat Agung Podomoro Land Jadi CCC &#8211;

  • Lembaga pemeringkat internasional Fitch Ratings menaikkan peringkat PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) dari C menjadi CCC-. Bersamaan dengan itu, Fitch juga menaikkan peringkat surat utang berdenominasi dolar Amerika Serikat (AS) milik anak usaha APLN, yakni APL Realty Holdings Pte Ltd.

Industri
Fajar Yusuf Rasdianto

Fajar Yusuf Rasdianto

Author

JAKARTA – Lembaga pemeringkat internasional Fitch Ratings menaikkan peringkat PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) dari C menjadi CCC-. Bersamaan dengan itu, Fitch juga menaikkan peringkat surat utang berdenominasi dolar Amerika Serikat (AS) milik anak usaha APLN, yakni APL Realty Holdings Pte Ltd.

Sekretaris Perusahaan APLN Justini Omas menjelaskan, surat utang yang dimaksud adalah obligasi US$300 juta yang diterbitkan pada 2 Juni 2017. APL Realty Holdings sendiri merupakan anak usaha APLN yang seluruh sahamnya dimiliki perseroan.

Kenaikan peringkat Fitch ini dipicu oleh keberhasilan APLN menyelesaikan restrukturisasi pinjaman anak usahanya, PT Bali Perkasa Sukses. Perusahaan ini merupakan entitas anak APLN dengan kepemilikan 63% untuk Hotel Indigo Bali Seminyak.

“Serta (alasan lainnya adalah) kecukupan dana pada kas dan setara kas perseroan untuk memenuhi kebutuhan pembayaran kewajiban yang akan datang,” tutur Justini dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis, 26 November 2020.

Sebagai tambahan informasi, pada perdagangan Kamis, 26 November 2020, saham APLN ditutup statis di level Rp170 per lembar. Namun dalam sepekan terakhir, saham APLN telah menanjak 6,91% dari sebelumnya Rp159 per lembar pada Senin, 23 November 2020.

Sedangkan dalam sebulan, saham APLN telah melesat 51,71% atau 58 poin dari sebelumnya Rp112 per lembar. Tetapi jika dilihat sejak awal tahun atau year to date (ytd), saham APLN masih turun tipis 4,49% atau 8 poin dari sebelumnya Rp162 per lembar. (SKO)